1.456 Kendaraan Nekat Mudik Dipaksa Balik ke Jakarta 

  • Whatsapp
1-456-kendaraan-balik-ke-jakarta

Monitorindonesia.com – Jumlah kendaraan yang disuruh putar balik oleh kepolisian kian bertambah dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021, yakni mencegah masyarakat yang melakukan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021. Kendaraan yang diputarbalik ada ribuan sampai Kamis, 6 Mei 2021.

“Total yang diputar balik untuk Polda Metro Jaya ada 1.456 kendaraan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus pada Jumat, 7 Mei 2021.

Menurut dia, 1.456 kendaraan yang diputarbalik atau kena penyekatan petugas di lapangan terdiri dari kendaraan pribadi 1.224 dan kendaraan umum sebanyak 232. Kendaraan tersebut terjaring dalam Operasi Ketupat Jaya 2021, mencegah tidak boleh mudik Lebaran 2021.

Sementara, kendaraan yang paling banyak diputar balik terjadi ada di Gerbang Tol (GT) Cikupa ada 828 dengan rincian sebanyak 709 kendaraan pribadi dan 119 kendaraan umum. Selanjutnya, kendaraan yang kena penyekatan Operasi Ketupat di Gerbang Tol Cikarang Barat sebanyak 628 kendaraan.

“Rinciannya kendaraan pribadi ada 515, dan kendaraan umum sebanyak 113,” jelas dia.

Berikut sebaran 31 titik pos pengamanan, 14 pos penyekatan dan 17 check point selama larangan mudik Lebaran mulai 6-17 Mei 2021.

Polres Metro Jakarta Barat, sebanyak dua pos yang dijaga oleh 36 personel. Kedua pos itu terdapat di Kalideres dan Joglo. Polres Metro Jakarta Timur, sebanyak dua pos yang dijaga 36 personel. Kedua pos itu yakni Lampiri dan Panasonic. Kemudian, Polres Metro Jakarta Utara satu pos di Perintis Kemerdekaan yang akan dijaga 15 personel. Polres Metro Jakarta Selatan ada dua pos yang dijaga 36 personel, yakni Pasar Jumat dan Budi Luhur. Polres Metro Bekasi Kota ada empat pos dijaga 60 personel, yaitu Gerbang Tol Bekasi Barat (penyekatan), Gerbang Tol Bekasi Timur (penyekatan), Sumber Arta, dan Harapan Indah.

Polres Metro Bekasi Kabupaten ada delapan pos dan dijaga 135 personel, yakni Kedung Waringin (penyekatan), Jembatan Cibeet (penyekatan), Kalimalang Tambun, Gerbang Tol Tambun (penyekatan), Gerbang Tol Cibitung (penyekatan), Gerbang Tol Cikarang Pusat, Cibatu (penyekatan), dan Cibarusah.

Sementara, Polres Metro Depok ada lima pos dan dijaga 90 personel yakni Jalan Raya Ciputat/Bogor, Jalan Raya Bogor SPBU Cilangkap, Gerbang Tol Kukusan, Gerbang Tol Brigif, dan Simpang Bambu Kuning BI Gede. Polres Tangerang Kota ada dua pos yang dijaga 60 personel, yaitu Kebon Nanas dan Jatiuwung (penyekatan).

Polres Tangerang Selatan ada dua pos yang dijaga 45 personel di Gerbang Tol Bitung (penyekatan) dan Pos Bitung (penyekatan). Polda Metro Jaya tiga pos yang dijaga 800 personel, yakni Penyekatan Cikarang Barat (penyekatan), Putaran Gerbang Tol Cikarang Barat (penyekatan), dan Cikupa (penyekatan). (tak)

Pos terkait