12 WN India Bawa Virus ke Indonesia, Pangdam Jaya: Sudah Diisolasi di Hotel Horison

  • Whatsapp
12 WN India Bawa Virus ke Indonesia, Pangdam Jaya: Sudah Diisolasi di Hotel Horison

Monitorindonesia.com – Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya telah menerima laporan sebanyak 153 orang Berkewarganegaraan India yang datang ke Jakarta.

Dari hasil pemeriksaan sebanyak 12 WN India positip Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di Hotel Horison.

“Hasil swab dari 153 warga negara dari India, ada 12 orang yang positif. 12 ini langsung diisolasi mandiri di Hotel Harison,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung AR kepada wartawan yang didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Hotel Holiday In Hayam Wuruk Jalan Hayam Wuruk, Gajah Mada, Tamansari, Jakbar, Sabtu (24/4).

Menurut Dudung,untuk 7 orang WNI yang baru datang dari negara Bolywood tersebut negatif Covid-19, dan langsung menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet, Pademangan Jakut.

“Kemudian yang tujuh WNI karena negatif, tetap isolasi mandiri di Wisma Atlet Pademangan,” ungkap Dudung.

Mantan Gubernur AKMIL ini mengatakan, jajaran TNI/ Polri telah membentuk lima tim untuk penanganan WN India yang datang ke Indonesia. Lima Tim itu yaitu tim pencarian, tim evakuasi, tim kesehatan, tim penjagaan dan tim penegakan hukum. Tim tersebut bertugas mengawasi kedatangan orang-orang dari India.

“Kami jelaskan, kami bentuk lima tim, tim pencarian, tim evakuasi, kemudian tim kesehatan, tim penjagaan, dan tim penegakan hukum. Dari hasil lima tim ini maka telah didata ada 153 WNA dan WNI yang datang dari India,” pungkas Dudung.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran mengatakan, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya berupa untuk mengantisipasi munculnya WN India untuk datang ke Ibu Kota Jakarta.

“Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya bekerja bersama untuk mengantisipasi kedatangan WNA khususnya WN India. Yang perlu kami tekankan adalah bahwa tidak ada eksodus WN India ke Indonesia khususnya Jakarta,” kata Fadil.

Pihaknya memastikan, WN India yang tiba akan dilakukan isolasi mandiri sebelum dilepas.

“Adapun 160 orang yang berangkat dari Chennai ke Jakarta semuanya sudah teridentifikasi dan semuanya akan diisolasi. Tim sudah bekerja. Jika ada pelanggaran hukum, tim penegakan hukum akan melakukan langkah penegakan hukum, agar keselamatan masyarakat menjadi yang utama, tetap dilaksanakan dengan baik,” pungkas Fadil.

Sebelumnya, India mengalami lonjakan kasus Covid-19. Kenaikan kasus Covid-19 tersebut memasukkan India peringkat kedua setelah Amerika Serikat.Atas kenaikan kasus Covid-19 pemerintah India akan menerapkan kembali aturan lockdown. (tak)

Pos terkait