16 Rangkaian Kereta MRT Jakarta Akan Di Overhaul Bertahap Hingga 2023

  • Whatsapp
16 Rangkaian Kereta MRT Jakarta Akan Di Overhaul Bertahap Hingga 2023
Proses persiapan overhaul atau turun mesin 16 rangkaian kereta atau 96 unit cars MRT Jakarta, Kamis (4/3/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – PT MRT Jakarta (Perseroda) berencana akan melakukan overhaul atau turun mesin sebanyak 16 rangkaian kereta atau 96 unit cars yang akan lakukan dilakukan secara bertahap dari Agustus 2021 hingga 2023 mendatang.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi menyebutkan pihaknya tengah melakukan uji coba pemeliharaan dan perawatan menyeluruh (overhaul) ratangga yang rencananya akan dimulai pada Agustus 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Perawatan menyeluruh tersebut merupakan kegiatan empat tahunan yang perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi kereta, seperti pemeriksaan bogie dengan membersihkan dan mencuci, mengetes, hingga pergantian pelumas. Perawatan dan pengetesan terhadap sistem kelistrikan (electrical system) juga dilakukan,” ujar Muhammad Effendi, Kamis (4/3/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Ia menjelaskan overhaul itu seperti turun mesin. Semua akan dibongkar dan diperiksa dengan seksama. Kegiatan overhaul ini nantinya akan mendapatkan pendampingan dari tim ahli dari Jepang.

“Meski demikian, kita juga akan ada transfer pengetahuan dan keterampilan sehingga, pada masa depan, sumber daya manusia MRT Jakarta mampu secara mandiri melakukan kegiatan ini,” kata Muhammad Efendi.

PT MRT Jakarta (Perseroda), akan melakukan overhaul terhadap seluruh kereta yang dimiliki saat ini yang berjumlah 16 rangkaian kereta atau 96 unit cars yang akan dilakukan overhaul hingga 2023 mendatang.

Kereta MRT Jakarta merupakan kereta buatan perusahaan Nippon Sharyo, Jepang. Didominasi warna biru dan abu-abu metalik, satu kereta memiliki panjang hingga 20 meter dengan berat kosong mencapai 31—35 ton.m

Satu kereta berkapasitas 332 orang dengan tempat duduk menggunakan bahan fiber reinforced plastic yang tahan api. Jendela kereta juga dibuat dengan bahan safety glasses yang menyerap panas. Setiap kereta dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan, dua kamera pengawas (CCTV), layar informasi, intercom, tuas darurat pembuka pintu, alat pemadam api ringan, dan lain-lain.

Pos terkait