Waduh! 18 Anggota Paduan Suara Gereja Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Covid-19 Terus Meroket, 2 Ribu Warga Ibukota Terpapar Virus Corona
Ilustrasi Virus Korona.

Monitorindonesia.com – Sebanyak 18 orang anggota paduan suara salah satu gereja di Kecamatan Jetis, Bantul terpapar Covid-19. Penularan diduga terjadi saat kelompok paduan suara itu melakukan rekaman.

“Ada klaster tanda petik rumah peribadatan. Klaster paduan suara gereja,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja di Bantul, Senin (8/6/2021).

Bacaan Lainnya

Agus Budi pun menjelaskan kronologi munculnya klster paduan suara tersebut pertama sekali ditemukan pada Jumat (4/6/2021) lalu.  Saat rekaman, salah seorang anggota paduan suara gereja ternyata positif Covid-19.

Saat dilakukan tracing ditemukan ada 18 orang yang positif Covid-19. Bahkan, sebagian besar kondisi pasien positif Covid-19 di klaster paduan suara ini tidak mengalami gejala.

“Mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing jika memungkinkan,” katanya.

Jika rumah pribadi tak memungkinkan untuk isolasi mandiri, sambung Budi, masih ada shelter desa. Bila bergejala ringan maka bisa ditangani di shelter kabupaten.

Agus Budi menambahkan, pihak jemaat dinilai sangat kooperatif sehingga memudahkan Dinas Kesehatan melakukan tracing. Bahkan, sebagian besar ada yang berinisiatif melapor ke petugas kesehatan.

“Ada yang inisiatif rapid antigen sendiri dan ada yang swab sendiri. Kesadaran cukup bagus,” tandasnya.[Daf]

Pos terkait