Golkar Kehilangan Tokoh Panutan Harmoko

  • Whatsapp

Mantan Menteri Penerangan di era Presiden Soeharto, Harmoko meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (4/7/2021) sekitar pukul 20.22 WIB. Kepergian Harmoko merupakan kehilangan besar bagi Partai Golkar.

Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai Harmoko sebagai sosok panutan bagi banyak kader Golkar. “Harmoko adalah politisi senior, guru sekaligus panutan banyak kader Partai Golkar,” kata Bamsoet Minggu (4/7/2021).

Bacaan Lainnya

Bamsoet mengatakan dirinya dan semua kader Partai Golkar merasa kehilangan atas kepergian Harmoko. Dia mengatakan Harmoko yang pernah menjabat sebagai ketua umum Golkar menderita sakit sejak beberapa tahun lalu namun semangat hidupnya luar biasa.

Menurut Bamsoet, semangat tersebut ditunjukkan Harmoko dengan rajin hadir di acara-acara besar Golkar walaupun harus duduk di kursi roda.

“Partai Golkar kehilangan kembali putra terbaiknya Harmoko bin Asmoprawiro yang berpulang pada hari Minggu 4 Juli jam 20.22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto,” ujarnya.

Bamsoet mengenang Harmoko pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada masa Orde Baru dan juga pernah menjadi Ketua MPR pada masa pemerintahan B.J Habibie.

Dia menilai perjalanan hidup Harmoko sangat luar biasa misalnya di era menjadi Menteri Penerangan. Bahkan, kata Bamsoet, setiap hari tidak pernah terlewatkan, Harmoko muncul di televisi mengumumkan harga-harga kebutuhan pokok rakyat untuk mencegah para spekulan bermain.

Harmoko meninggal pada Minggu sekitar pukul 20.22 WIB. Mantan Ketua Umum Golkar itu meninggal di RSPAD Gatot Subroto.[Lin]

Pos terkait