Inggris, ‘Football Is Coming Home!’ – Akankah ?

  • Whatsapp
twitter.com/EURO2020/crop/monitorindonesia.com/inggris
Inggris Menang Atas Denmark [Foto-twitter.com/EURO2020]

Monitorindonesia.com – Saat ini fans Inggris sedang menggemakan chants ‘it’s coming home’ atau ‘football is coming home’ seiring dengan penampilan anak asuh Gareth Southgate di EURO 2020.

Timnas Inggris yang saat ini sedang berlaga di pentas EURO 2020 berhasil melaju sampai ke partai final. Kamis (8/7/2021) dini hari, pasukan The Three Lions berhasil mengalahkan Tim Dinamite Denmark dengan skor 2-1 di laga semifinal.

Bacaan Lainnya

Dengan kemenangan tersebut, The Three Lions berhak melaju ke partai final menghadapi Italia yang akan dilangsungkan di Wembley Stadium, London pada Senin (12/7/2021).

Sejarah dan Makna

Lalu apa sebenarnya arti dari ‘football is coming home’ tersebut ?

Istilah ‘Football is coming home’ pertama sekali di dengungkan pada tahun 1996, itu merupakan penggalan lirik dari judul lagu “Three Lions” yang dirilis pada 20 Mei 1996. Lagu tersebut dibuat oleh komedian David Baddiel dan Frank Skinner beserta band rock Lightning Seeds.

Lagu tersebut mereka buat seiring dengan akan dilangsungkannya gelaran EURO 1996 yang dituan rumahi oleh Inggris. Liriknya mengungkapkan kekecewaan mereka menjadi penggemar sepak bola Inggris yang seusai Piala Dunia 1966 tidak dapat memberi gelar apapun.

Melalui lagu tersebut mereka berharap pasukan The Three Lions dapat membawa trofi lain bagi masyarakat Inggris, dimana sepakbola ditemukan atau dilahirkan. Meskipun asal muasal sepakbola masih banyak diperdebatkan.

talksport.com
The Three Lions Gagal di EURO ’96 [Foto-talksport.com]
Salah satu momen paling ikonik dari lagu ini adalah ketika supporter Inggris menyanyikannya seusai The Three Lions menang 2-0 atas Skotlandia di penyisihan grup EURO 1996, namun sayangnya saat itu ‘football is coming home’ belum terjadi. Di babak semifinal, The Three Lions harus tersingkir oleh Jerman.

 

Pada tahun 2010 menjelang Piala Dunia Afrika Selatan, lagu tersebut kembali di buat ulang oleh Baddiel dan Skinner, namun sayang The Three Lions kembali di singkirkan oleh Jerman di babak 16 besar.

Di tahun 2018, Piala Dunia di Rusia, chants tersebut kembali digaungkan oleh fans The Three Lions dimana mereka berhasil melaju ke semifinal, namun masih saja gagal, Inggris ditaklukkan oleh Kroasia dengan skor 2-1. Football is not coming home.

Hari Ini

Di gelaran EURO 2020 ini, keinginan fans Inggris untuk mewujudkan chants tersebut terbuka lebar. Saat ini anak asuh Gareth Southgate berhasil dengan baik melaju ke final EURO dan akan menghadapi Azzurri Italia.

Sejak lagu tersebut di rilis, ini merupakan capain terbaik Inggris untuk mewujudkannya, akankah nanti mereka berhasil mengalahkan Italia dan mewujudkan ‘football is coming home’ ? [Surya F.J]

Sumber : Monitorindonesia.com

Pos terkait