Rivalitas Italia vs Spanyol, Enam Pertemuan Terbaik

  • Whatsapp
twitter.com/EURO2020/crop/monitorindonesia.com/Italia
Semifinal EURO 2020 [Foto-twitter.com/EURO2020]

Monitorindonesia.com – Semifinal EURO 2020 akan dibuka dengan laga Italia vs Spanyol di Wembley Stadium, London pada Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB. Pemenang dari laga ini akan menantang Inggris atau Denmark di partai final.

Sejarah pertamuan Italia dan Spanyol sudah menjadi rivalitas, dimana keduanya sudah berjumpa dalam 37 kesempatan. Hasilnya pun sama kuat, Gli Azzurri berhasil menang 11 kali dan La Roja menang 11 kali, sementara 15 pertandingan lainnya berakhir seri.

Bacaan Lainnya

Dini hari nanti, dua kekuatan sepakbola Eropa ini akan kembali beradu kuat, guna menentukan siapa yang akan melaju ke partai puncak EURO 2020.

Dari sekian banyaknya pertemuan bersejarah kedua negara, berikut enam laga terbaik dari pertemuan keduanya.

Piala Dunia 1934, Babak Perempat Final : Italia 1-1 Spanyol (et); Italia 1-0 Spanyol (Laga Ulangan)

Laga ini merupakan pertemuan pertama keduanya di turnamen besar. Azzurri yang bertidak sebagai tuan rumah di edisi Piala Dunia kedua ini ditantang oleh La Roja di babak perempat final. Di laga pertama pertandingan harus disudahi dengan skor sama kuat 1-1 lewat gol Giovanni Ferrari (ITA) dan Luis Corso (SPA).

Dimasa itu, jika pertandingan berakhir dengan skor seri, maka akan dilakukan pertandingan ulang di keesokan harinya, dan di laga ulangan tersebut Azzurri berhasil menang 1-0 lewat gol Giuseppe Meazza. Kemenangan inipun membawa Azzurri higga ke final dan berhasil keluar sebagai juara.

forza27.com
Skuad Gli Azzurri EURO 1988 [Foto-forza27.com]
EURO 1988, Penyisihan Grup : Italia 1-0 Spanyol

Pertandingan sengit tersaji di laga yang dihelat di Frankfurt, Jerman ini. Menandai bersinarnya pemain legendaris AC Milan Paolo Maldini yang saat itu masih berusia 19 tahun. Skor bertahan sama kuat, hingga menit ke-73 Gianluca Vialli menerima umpan dari Carlo Ancelotti yang berhasil dia konversi dengan baik menjadi satu-satunya gol di laga ini. Kekalahan tersebut terpaksa membuat La Roja harus pulang lebi awal dari ajang EURO di Jerman tersebut.

 

Pos terkait