Sudah Divaksin, 21 Nakes di Puskesmas Batang Kuis Deli Serdang Positif Covid-19

  • Whatsapp
Sudah Divaksin, 21 Nakes di Puskesmas Batang Kuis Deli Serdang Positif Covid-19
Puskesmas Batang Kuis, Deli Serdang Sumatera Utara.[Foto/ Pemkab Deli Serdang]

Deli Serdang, Monitoridonesia.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Aguswan mengungkap 21 tenaga kesehatan (nakes) positif Covid-19. Padahal, 21 nakes tersebut telah divaksinasi lengkap pada Januari 2021.

“Sebanyak 21 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala ringan dan tanpa gejala. Paling berat batuk flu dan hilang penciuman,” ujar Aguswan, Kamis (20/5/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, para nakes yang positif Covid-19 tersebut untuk semantara menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Bagi yang tidak bergejala, bisa dilakukan swab setelah 10 hari kedepan.

Menurut Aguswan, ada tujuh orang yang mengalami batuk flu. Sedangkan tiga sampai empat orang tidak memiliki gejala dan ada yang mengalami diare.

Aguswan menduga, nakes yang positif Covid-19 terpapar dari luar Puskesmas. Sebab, mereka lebih banyak beraktivitas di luar untuk melakukan tracing.

Bidan Desa Bakaran Batu dan Desa Paya Gambar misalnya, lebih banyak beraktifitas di Pukesmas pembantu, dan tracing pasien di desa dan dusun yang ada di wilayah itu.

Dia menduga para nakes positif Covid -19 dari saat melakukan tracing. Sebanyak 4 dari nakes tersebut adalah dokter.

Sementara itu, aktivitas pelayanan di puskesmas tetap berjalan seperti biasa namun dibatasi waktu. Pelayanan di poli umum puskesmas dimulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB.[Martua Silaban]

Pos terkait