Perum Bulog Siap Stabilkan Harga Beras di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Perum Bulog Siap Stabilkan Harga Beras di Bulan Ramadhan

Jakarta Monitor Indonesia.com – Perum Bulog berupaya menjaga stabilitas harga pangan dengan membuka 13 Modern Rice Milling Plant (MRMP) yang dapat memproduksi beras dari gabah serta turut menjaga harga berbagai komoditas khususnya beras selama bulan Ramadhan yang tinggal menghitung tiga bulan kedepan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso saat menyampaikan persiapan Bulog dalam menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri 2021 pada April – Mei 2021 dimana biasanya harga kebutuhan pokok akan melonjak.

“Pada program tahun ini kita fokus menstabilkan harga saat puasa dan lebaran yang tinggal 2,5 bulan. Karena pada umumnya seperti yang lalu-lalu, ada lonjakan harga kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, daging. Ini harus ada peran serta dari pemerintah melalui Bulog,” ujar Budi Waseso, Jumat (5/2/2021).

Budi Waseso menyebutkan pihaknya terus berupaya mengejar ketertinggalan dengan mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi. Pihaknya saat ini tengah membangun sarana prasarana, pengembangan dan kelengkapan produksi beras melalui Modern Rice Milling Plant (MRMP).

Bulog tengah melakukan pembangunan infrastruktur beras diantaranya yakni 13 unit dryer dengan kapasitas masing-masing 120 ton/hari, 13 unit Milling dengan kapasitas masing-masing 6 ton per jam, dan 39 unit silo dengan kapasitas masing-masing 2.000 ton (3 unit per lokasi MRMP).

MRMP ini rencananya akan dibangun di 13 kota yakni Magetan, Bojonegoro, Banyuwangi, Jember, Sragen, Sumbawa, Kendal, Subang, Karawang, Bandar Lampung, Luwu Utara, Grobogan, dan Cirebon. Pihak Bulog juga akan terus melakukan penyerapan terhadap gabah milik petani yakni sebesar Rp 5.300/kg (sesuai Permendag Nomor 24 Tahun 2020 harga Gabah Kering Giling di Gudang Bulog).

Untuk mengoptimalkan kinerja dan re-orientasi fokus bisnis, Budi Waseso juga telah melakukan perombakan di jajaran direksi dengan melakukan perampingan. Berikut ini susunan Direksi Bulog: Wakil Direktur Utama Gatot Trihargo, Direktur Bisnis Febby Novita, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Mokhamad Suyamto, Direktur Keuangan Bagya Mulyanto, serta Direktur Human Capital Sinar Hadi Purnomo. (Carlos Roy Fajarta)

 

 

Pos terkait