Perjalanan KRL Jabodetabek Disesuaikan dengan GAPEKA 2021

  • Whatsapp
Perjalanan KRL Jabodetabek Disesuaikan dengan GAPEKA 2021
Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wiwik Widayanti

Jakarta Monitor Indonesia.com – PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mulai tanggal 10 Februari 2021 akan memberlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) dan kereta api lokal yang dikelolanya sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2021.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wiwik Widayanti mengatakan dengan pemberlakuan GAPEKA 2021 pada 10 Februari 2021 mendatang maka ada perubahan jadwal perjalanan KRL, waktu tempuh perjalanan, relasi KRL, dan stabling KRL untuk perawatan harian.

“KAI Commuter memprogramkan operasional perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek tiap harinya sejumlah 1.151 perjalanan dengan 94 loop yang beroperasi. Jumlah frekuensi perjalanan yang diprogramkan tersebut bertambah 94 perjalanan dibandingkan dengan program GAPEKA 2019 dimana terdapat 1057 perjalanan dan 90 loop untuk KRL Commuter Line Jabodetabek,” ujar Wiwik Widayanti, Jumat (5/2/2021).

Meskipun demikian, Wiwik menjelaskan tidak seluruh perjalanan yang diprogramkan tersebut akan berjalan mulai 10 Februari 2021 sehubungan jadwal KRL masih menyesuaikan dengan aturan jam operasional angkutan umum pada masa PSBB maupun PPKM di berbagai wilayah.

“Pada awal pemberlakuan GAPEKA 2021 nantinya, KRL Commuter Line Jabodetabek akan tetap beroperasi pada pukul 04:00 – 22:00 WIB dengan 984 perjalanan KRL per hari. Saat ini dengan jam operasional yang sama, KAI Commuter mengoperasikan 964 perjalanan KRL tiap harinya,” tambah Wiwik Widayanti.

Pada GAPEKA 2021, Jumlah perjalanan KRL untuk lintas Bogor direncanakan sebanyak 476 perjalanan KRL yang terdiri dari Central Line (Bogor/Depok – Jakarta Kota PP) terdapat 267 perjalanan dengan dan Loop Line (Bogor/Depok – Jatinegara PP) terdapat 209 perjalanan.

Sedangkan Jumlah perjalanan KRL Bekasi direncanakan sebanyak 236 perjalanan, yang terdiri dari Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota Via Manggarai PP sebanyak 202 perjalanan, dan Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota Via Pasar Senen PP terdapat 34 perjalanan.

Untuk lintas Serpong (Rangkasbitung/Parung Panjang/Serpong – Tanah Abang PP) diprogramkan 237 perjalanan KRL pada lintas tersebut. Sementara di lintas Tangerang (Tangerang – Duri PP) pada GAPEKA 2021 ini direncanakan perjalanan KRL sejumlah 118 perjalanan.

Sedangkan lintas Tanjuk Priok (Tanjung Priok – Jakarta Kota PP) pada GAPEKA 2021 ini terdapat rencana perjalanan KRL sebanyak 84 perjalanan. Dalam pemberlakuan GAPEKA 2021 ini ada sejumlah perubahan pola operasi perjalanan KRL di beberapa lintas, untuk memastikan keselamatan perjalanan KRL serta perawatan Sarana KRL untuk menjamin kehandalan Sarana KRL dalam pelayanan kepada para penggunanya.

Salah satunya adalah KRL pemberangkatan dari Stasiun Maja yang pada GAPEKA 2021 ini berubah menjadi pemberangkatan awal dari Stasiun Rangkasbitung. Kebijakan ini dengan mempertimbangkan jumlah pengguna KRL dari Rangkasbitung yang terus meningkat dan tersedianya tambahan jalur  stabling (jalur untuk kereta berhenti seusai beroperasi dan menjalani perawatan harian) di Stasiun Rangkasbitung.

Selanjutnya Stasiun Maja tetap melayani naik turun pengguna KRL. Sementara itu pemberangkatan KRL dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Tanah Abang pukul 06:35 WIB pada GAPEKA 2021 ini dialihkan pemberangkatannya menjadi dari Stasiun Parungpanjang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan dan sarana KRL yang stabling di Stasiun tersebut, karena pada dasarnya Stasiun Sudimara bukan sebagai stasiun stabling KRL.

Dalam GAPEKA 2021, pengguna di Stasiun Sudimara akan tetap dilayani oleh KRL tujuan Tanah Abang pada pukul 06:34 WIB. KAI Commuter menghimbau para pengguna untuk memperhatikan penyesuaian waktu perjalanan dengan melihat jadwal terbaru yang akan segera tersedia. Para pengguna KRL dapat melihat seluruh jadwal perjalanan melalui aplikasi KRL Access. (MI/Carlos Roy Fajarta)

 

Pos terkait