Menparekraf Uji Coba Indonesia Triathlon Series di Babel 

  • Whatsapp
Menparekraf Uji Coba Indonesia Triathlon Series di Babel 
Bangka Belitung- Monitor Indonesia.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menguji coba langsung Indonesia Triathlon Series di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (6/2/2021).
Berlokasi di pesisir utara Pulau Belitung, uji coba dilakukan Sandi bersama Ketua Indonesia Triathlon Series, Arlan Lukman didampingi sejumlah anggota dari Indonesia Triathlon Series.
Pada tahap pertama, Sandi harus menyelesaikan renang di Pantai Laskar Pelangi sejauh 350 meter menuju titik checkpoin selanjutnya yang berlokasi di Tanjung Tinggi. Ombak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang diungkapkannya cukup landai.
Namun, tantangan tersendiri justru ada pada kondisi angin yang berhembus kencang dan arus bawah laut yang cukup kuat. “Angin justru bukan penghalang, justru menantang. Menurut saya angin kencang di Belitung ini salah satu sensasi angin,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya Sabtu (6/2/2021).
“Ini kali ketiga saya open water swimming di Belitung, saya juga sudah melakukan open water swim di beberapa destinasi yang ikonik di Indonesia dan bisa nyatakan bahwa Belitung yang terbaik,” tambah Sandiaga Uno bersemangat.
Usai berenang bebas di Pantai Tanjung Kelayang, tahapan selanjutnya yang harus diselesaikan Sandi adalah bersepeda. Trek bersepada pada tahap kedua Indonesia Triathlon Series itu menempuh jarak sejauh 33 kilometer, mulai dari Tanjung Tinggi menuju Klenteng Sijuk. Angin kencang yang berhembus di sepanjang trek menurutnya menjadi tantangan.
Mengingat variasi trek berbukit dengan pemandangan kontras antara jernihnya perairan Tanjung Kelayang dengan hijaunya pepohonan di sepanjang perjalanan. “Untuk sepeda juga salah satu bike lake terbaik, karena walaupun angin menerpa kencang, tapi jalanannya sangat mulus,” ungkap Sandi.
Menyelesaikan tahapan Indonesia Triathlon Series, Sandi dan rombongan kemudian berlari sejauh tiga kilometer di kawasan KEK Tanjung Kelayang. Tidak hanya mengamati jalur tempuh, dirinya juga menilai Indonesia Triathlon Series di kawasan Tanjung Kelayang siap digelar.
“Saya nyatakan race tanggal 13 Maret 2021 siap untuk dilaksanakan, mudah-mudahan semua lancar untuk membangkitkan pariwisata, meningkatkan ekonomi kreatif, memulihkan ekonomi Bangka Belitung dan mudah-mudahan melanjutkan revovery kita pasca pandemi,” ungkap Sandiaga Uno.
Pelaksanaan triatlon tersebut diingatkannya harus diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability). “Bisa saya review tadi protokol kesehatannya sudah betul-betul ketat dan disiplin. Saya bisa menyatakan bahwa triathlon ini juga sudah mematuhi protokol kesehatan,” tambah Sandiaga Uno.
Sempurnanya persiapan diungkapkan Sandi tidak hanya terbatas pada ajang Indonesia Triathlon Series. Sebab menurutnya, KEK Tanjung Kelayang maupun Pulau Belitung dapat menjadi lokasi perhelatan ajang serupa dengan skala yang lebih besar, seperti ASEAN Triathlon Series hingga World Triathlon Series.
“Selain triathlon, mungkin akan ada Iron Man dan juga World Triathlon Series. Dari Indonesia Triathlon Series menjadi World Triathlon Series,” tandas Sandiaga Uno.
Pernyataan tersebut disambut gembira Ketua Indonesia Triathlon Series, Arlan Lukman. Namun, lantaran ajang triatlon digelar pada masa pandemi covid-19, pihaknya membatasi jumlah peserta. Antara lain, seri pertama di Belitung dan seri kedua di Kendari hanya sebanyak 50 orang peserta, selanjutnya seri ketiga di Palembang dibuka dengan jumlah peserta sebanyak 75-100 orang.
“Kita mulai pelan-pelan dari jaraknya yang singkat, kemudian pesertanya semakin ditambah namun jaraknya tetap sesuai dengan standart prokol kesehatan. Jadi, memang event-event olahraga lainnya akan kita batasi sampai situasi pandemi membaik,” ujar Arlan Lukman.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung, Jasagung Hariyadi mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih atas kesediaan Sandi melakukan uji coba langsung Indonesia Triathlon Series. Melalui penilaian dan dukungan langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia Triathlon Series dapat digelar pada Maret 2021 mendatang.
“Terima kasih kepada Pak Menteri yang sudah mencoba dari mulai trek yang sudah kita persiapkan di Kabupaten Belitung dan harapan kami tentunya Belitung akan menjadi ikon wisata olahraga dan dapat memacu dunia wisata di Tanah Air,” kata Hariyadi. (MI/Carlos Roy Fajarta Barus).

Pos terkait