Kali Ciliwung Meluap, Arus Lalu Lintas Di Gunung Sahari Direkayasa

  • Whatsapp
Kali Ciliwung Meluap, Arus Lalu Lintas Di Gunung Sahari Direkayasa
Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama stakeholder terkait melakukan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Gunung Sahari Raya, Kecamatan Pademangan Jakarta Utara karena akses terendam luapan Kali Ciliwung, Senin (8/2/2021) [istimewa]

Jakarta MonitorIndonesia.com – Meluapnya Kali Ciliwung di Jalan Gunung Sahari Raya depan MDS dan Jalan RE Martadinata, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara membuat petugas melakukan rekayasa lalu lintas pada Senin (8/2/2021).

Hingga pukul 09.00 WIB kondisi Jalan Gunung Sahari Raya masih terendam genangan air setinggi kurang lebih 15 centimeter (cm).

“Kami melakukan Rekayasa arus lalin sebagai langkah dalam penanggulangan genangan akibat luapan Kali Ciliwung sebagai upaya dalam meningkatkan keselamatan pengendara lalu lintas saat terjadi genangan,” ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara Harlem Simanjuntak.

Rekayasa tersebut berupa kendaraan dari arah selatan ke utara diarahkan melintas ke sisi kanan akibat adanya genangan setinggi 15 sentimeter di sisi kiri Jalan Gunung Sahari Raya depan MDS.

Sedangkan di Jalan RE Martadinata, lalin dari Jalan Gunung Sahari ke Jalan Tongkol atau arah Pluit dialihkan menuju Jalan Karang Bolong hingga Parangtritis.

“Pengalihan arus di Jalan RE Martadinata hanya berlaku untuk kendaraan roda dua saja. Untuk roda empat atau lebih masih bisa melintasi genangan yang tingginya sekitar 20 hingga 30 sentimeter,” kata Harlem Simanjuntak.

Untuk menanggulangi genangan di lokasi tersebut, Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Pademangan masih berupaya menanggulangi genangan akibat luapan Kali Ciliwung tersebut. Genangan diatasi dengan menutup celah dan tali air menggunakan 500 karung pasir dan menyiagakan unit pompa apung berkapasitas 50 liter per detik.

“Pompa apung dengan kapasitas 50 liter per detik juga kami fungsikan di lokasi untuk mengembalikan luapan air ke aliran Kali Ciliwung tersebut,” kata Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Pademangan Slamet Riyanto.

Pos terkait