Petugas Damkar Evakuasi Korban Banjir Cililitan

  • Whatsapp
Petugas Damkar Evakuasi Korban Banjir Cililitan
Banjir Jakarta. [dok MI]

 

Jakarta, Monitorindonesia.com- Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengevakuasi korban banjir Cililitan. Sebanyak 30 warga Cililitan, Jakarta Timur mengungsi akibat banjir. Proses penyelamatan ke tempat pengungsian dipublikasikan melalui akun instagram @humasjakfire.

Sebanyak 30 jiwa terdiri dari 5 manula 16 dewasa dan 9 anak-anak berhasil dievakuasi oleh personil rescue Damkar DKI.
Evakuasi dilakukan mengingat debit air di Kali Ciliwung terpantau masih tinggi. Tercatat, debit air Kali Ciliwung di Jembatan Panus, Kelurahan Depok, Pancoranmas, Kota Depok pada Senin (8/2) berada di ketinggian 260 cm atau siaga dua.

Petugas Pos Pantau Sungai Ciliwung Jembatan Panus, Syarif mengatakan, debit air sungai meningkat sejak pukul 09.00 WIB hingga saat ini. Ketinggian air di Sungai Ciliwung terus dipantau dan disampaikan kepada pos pantau di wilayah Jakarta untuk mengantisipasi banjir.

“Saat ini ketinggian air mencapai 260 sentimeter atau siaga dua,” ujar Syarif, Senin (8/2/2021).

Melihat prakiraan cuaca pada hari ini, Syarif memprediksi debit air di Sungai Ciliwung akan terus bertambah. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pos pantau di Katulampa Bogor dan mencari informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Informasi di Katulampa Bogor titik tertingginya mencapai 280 sentimeter dan sepertinya sudah sampai di Depok, namun apabila terjadi hujan lokal kemungkinan akan terus bertambah,” terang Syarif.

Lurah Kampung Melayu, Setiawan menyatakan banjir sudah mulai merendam kawasan tersebut sejak Minggu (7/2/2021) pukul 13.30 WIB.

“Kondisi awal tinggi air 10 centimeter. Tapi berdasarkan data hingga pukul 09.30 WIB (Senin, 8/2/2021) kedalaman banjir paling tinggi 275 centimeter,” kata Setiawan saat dihubungi, Senin.

Warga terdampak banjir berlokasi di RW 04, 05, 06, 07, dan 08. Saat ini ratusan warga mengungsi di sejumlah lokasi yang telah disediakan, aula kantor kelurahan, SDN Kampung Melayu, aula Masjid Ittihadul Ikhwan RW 08, dan pos RW 07. (MI)

Pos terkait