Kanwil Kemen ATR/BPN Jatim, Peringkat I Pelaksanaan PTSL Tahun 2020

  • Whatsapp
Kanwil Kemen ATR/BPN Jatim, Peringkat I Pelaksanaan PTSL Tahun 2020
Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya 1. Kartono Agustiyanto, ST, MM

Surabaya, Monitorindonesia.com – Memasuki Tahun Anggaran 2021 jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kanwil ATR/BPN) Provinsi Jawa Timur boleh berbangga. Karena, sukses menyelesaikan 100% target PTSL tahun anggaran 2020 sehingga berhasil meraih ranking I kinerja tingkat nasional.

Mengawali pelaksanaan PTSL, terlebih dulu dilaksanakan pembinaan oleh bapak Kakanwil BPN Jatim Ir. H. Jonahar, M.Ec. Dev terkait dengan evaluasi kinerja pelaksanaan PTSL tahun 2020 dan rencana kerja serta strategi kegiatan PTSL tahun 2021. Pembinaan tersebut dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Demikian dikatakan kepala Kantor pertanahan Kota Surabaya I Kartono Agustiyanto, ST,. MM.

“Alhamdulilah untuk tahun anggaran 2020 kegiatan PTSL sudah 100% selesai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Diharapkan ke depan lebih sukses lagi. makanya dari awal tahun ini Bapak Kakanwil memberikan pembinaan strategi pelaksanaan dan percepatan pelaksanaan PTSL tahun 2021,” ujar Kartono.

Kegiatan PTSL itu goalnya adalah deklarasi desa atau kelurahan lengkap dengan peta per kelurahan atau per desa yang lengkap semuanya dan sudah terdaftar. Sehingga nantinya tidak ada bidang yang tidak terpetakan, tambah Kartono.

Target PTSL tahun 2021 sekitar 900.000 peta bidang dan SHAT (Sertipikat Hak Atas Tanah) sekitar 1.800.000 sertipikat. Diharapkan dengan target sebesar itu sebelum akhir tahun sudah diselesaikan. “Target pak Kakanwil tanggal 21 Oktober 2021 sudah tuntas semuanya. Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” tuturnya.

Target Jatim yang besar untuk PTSL, mencapai nilai kuantitas 100 %, nilai kualitas 100 % serta nilai kerja juga 100 %. Itulah yang menghantarkan Kanwil Kemen ATR/BPN Jatim pada tahun 2021 ini mendapat rangking I (pertama) bersama Provinsi Bengkulu karena Bengkulu juga 100% semua. Tapi untuk target besar, Jatim rangking Pertama. Yang target bidangnya lebih dari 1 juta.

“Pak Kakanwil berharap dengan hasil tahun 2020, kita lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan program strategis nasional PTSL ini,” tutup Kartono. (robert gultom)

Pos terkait