Kapolda Metro Jaya: 15 Tersangka Mafia Tanah di Jakarta Ditangkap

  • Whatsapp
Kapolda Metro Jaya: 15 Tersangka Mafia Tanah di Jakarta Ditangkap
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Jakarta, Monitorindonesia.com– Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya telah menangkap 15 tersangka terkait kasus mafia tanah di Jakarta. Ada tiga laporan terkiat mafia tanah di Jakarta masing-masing laporan ada lima tersangka.

“Jadi dari tiga LP ini totalnya adalah 15 tersangka,” ujar Fadil, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/2/2021).

Tiga laporan yang diterima Polda Metro Jaya terkait kasus mafia tanah dengan korban Zurni Hasyim Djalal yang merupakan ibunda dari mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal.

Fadil menejlaskan, dalam menjalankan aksinya kelompok mafia tanah ini berbagi peran. Ada yang bertindak selaku aktor intelektual, ada yang bertindak pihak yang menyiapkan sarana dan prasarana, ada yang bertindak selaku figur dalam pengertian yang mengaku sebagai pemilik atas tanah dan bangunan.

“Yang keempat ada yang berperan sebagai staf Pejabat Pembuat Akta Tanah dan ada yang bertindak sebagai figur pemilik sertifikat tanah,” ungkapnya.

Fadil menyampaikan bahwa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah memerintahkan agar satgas tidak pernah ragu untuk mengungkap kasus mafia tanah.

“Jangan pernah ragu ungkap kasus mafia tanah, siapa pun dalangnya dan siapa pun bekingnya. Ini sudah kita buktikan dengan mengungkap siapa pemodalnya, siapa pelaku lapangannya, kemudian siapa yang menyiapkan sarana dan prasarana,” kataya.

Untuk menindaklanjuti perintah Kapolri, Fadil mengatakan, Polda Metro Jaya membuka hotline Satgas Mafia Tanah yang bekerja dengan Kementerian ATR/BPN RI. “Masyarakat yang dirugikan atau menjadi korban, dapat mengadu ke nomor handphone 08128171998,” kata Fadil.[man]

Pos terkait