DPRD Desak Pemprov DKI Tangih Kewajiban Fasos-Fasum ke Pengembang

  • Whatsapp
DPRD Desak Pemprov DKI Tangih Kewajiban Fasos-Fasum ke Pengembang
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah. [ist]

Monitorindonesia.com – Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mendesak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota memperluas ruang terbuka hijau (RTH). Hingga saat ini, porsi RTH di Jakarta baru mencapai 9,4 persen dari 30 persen yang ditetapkan UU.

Dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, telah diatur proporsi RTH pada setiap kota paling sedikit harus memiliki 30 persen dari luas wilayah kota. Oleh karena itu Ida Mahmudah menyatakan agar Pemprov DKI menagih fasos dan fasum ke pengembang yang menjadi keajibannya.

“Saya bersedia menjadi perantara untuk menagih kepada pengembang yang hingga saat ini belum menyerahkan sebidang lahan fasos fasum untuk dijadikan RTH,” kata Ida Mahmudah, Selasa (2/3/2021).

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh, menurutnya perluasan melalui pembangunan dan penataan RTH terutama dimusim penghujan, bisa menjadi salah satu solusi pengurangan banjir di Jakarta.

“RTH ini harus kita fokuskan sesuai Undang-undang, sebab target RTH kita harus mencapai 30% loh. Saya juga yakin dengan ini bisa juga menjadi solusi pengurangan banjir, maka dari itu kegiatan ini memang seharusnya jadi kegiatan prioritas Dinas Pertamanan,” tuturnya.[man]

Pos terkait