Buruan, Pemerintah Kembali Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13

  • Whatsapp
azis syamsuddin golkar bungkam
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. [ist]

Monitorindonesia.com – Pendaftaran peserta program Kartu Prakerja gelombang 13 dibuka pada Kamis (4/03/2021) pukul 12.00 WIB. Kuota peserta untuk gelombang 13 sebanyak 600.000 peserta.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program kartu Prakerja, Louisa Tahutu menyatakan pembukaan gelombang 13 ini akan dilakukan dalam beberapa hari. Sehingga masyarakat tidak perlu tergesa-gesa mendaftarkan diri pada hari ini.

“Dari pengalaman pendaftaran pada gelombang-gelombang sebelumnyapendaftaran dibuka selama 4-5 hari, tergantung animo masyarakat,” kata Louisa Tahutu dalam keterangan persnya Kamis (4/3/2021).

Ia menjelaskan, proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang.  Sehingga tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat.

Syarat pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 13 juga sama seperti gelombang sebelumnya, antara lain terbuka untuk semua WNI 18 tahun ke atas yang merupakan pencari kerja atau penganggur (lulusan baru dan korban PHK), pekerja (buruh/karyawan), wirausaha, tidak sedang mengikuti pendidikan formal dan bukan penerima bantuan sosial Kementerian Sosial, bantuan subsidi upah dan bantuan produktif usaha mikro. Anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR atau DPRD, BUMN atau BUMD tidak diperbolhkan menerima bantuan itu.

Jumlah setiap keluarga yang dapat menerima juga dibatasi maksimal dua anggota keluarga untuk satu kartu keluarga. Pada semester pertama 2021, anggaran yang dialokasikan untuk program Kartu Prakerja sebesar Rp 10 triliun dengan target 2,7 juta peserta.[man]

Pos terkait