SBY Sebut KLB Sibolangit Hanya Didukung 7 Persen DPC PD

  • Whatsapp
SBY Sebut KLB Sibolangit Hanya Didukung 7 Persen DPC PD
SBY dan anaknya AHY .[ist]

Monitorindonesia.com – Jenderal TNI (purn) Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) di Sibolangit, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). Moeldoko secara aklamasi mengalahkan Marzuki Alie, yang juga dicalonkan dalam KLB yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut sejumlah poin KLB Partai Demokrat cacat hukum. SBY menilai KLB tersebut tak memenuhi syarat dan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AD ART partai.

Bacaan Lainnya

Menurut SBY, AD ART Partai Demokrat Pasal 81 ayat 4 yang mengatur KLB dapat diadakan atas permintaan Majelis Tinggi Partai atau sekurang-kurangnya dua per tiga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan setengah dari jumlah Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Permintaan itu harus disetujui oleh Ketua Majelis Tinggi partai,” tegas SBY dalam keterangannya di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (5/03/2021).

Berkaca pada aturan tersebut, SBY lantas menguji keabsahan KLB Demokrat Deli Serdang secara hukum. Ia menegaskan, Majelis Tinggi Partai tidak pernah mengusulkan KLB digelar di Deli Serdang.

“Majelis Tinggi yang saya pimpin dan kini berjumlah 16 orang tak pernah mengusulkan KLB, jadi syarat pertama sudah gugur,” kata SBY.

SBY menyatakan tidak ada satupun pengurus DPD Partai Demokrat di seluruh Indonesia yang mengajukan KLB belakangan ini. Padahal, syarat untuk mengajukan KLB harus memenuhi dua per tiga dari total sebanyak 34 jumlah DPD.

SBY mengklaim hanya 34 DPC atau sebanyak 7% yang mengusulkan digelarnya KLB di Deli Serdang. Sedangkan menurut aturan, DPC yang bisa mengusulkan KLB harus minimal berjumlah setengah dari total 514 DPC Demokrat yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, pihak penyelenggara KLB Demokrat Sibolangit mengklaim sudah didukung oleh 387 gabungan DPD dan DPC Partai Demokrat dari seluruh Indonesia. Jumlah dukungan itu diklaim sudah memenuhi kuorum untuk menggelar KLB.[hot]

Pos terkait