Komandan KKB Bergabung ke Pangkuan Ibu Pertiwi

  • Whatsapp
Komandan KKB Bergabung ke Pangkuan Ibu Pertiwi

Monitorindonesia.com – Salah satu Komandan Sektor Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen Noak Orarei alias Noki Orarei, menyatakan diri kembali bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dia memutuskan melepas statusnya sebagai KKB setelah bertahun-tahun menentang pemerintahan Indonesia.

Kepala Divisi hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan, bergabungnya Noak merupakan salah satu keberhasilan Polri untuk melakukan pendekatan dan pemahaman ke KKB yang masih berupaya untuk melepaskan diri dari NKRI.

“Saudara Noak Orarei selama ini terlibat dan bergabung dengan KKB TNPB Wilayah Saireri Pimpinan almarhum Rudi Orarei sejak Tahun 2014 dan saat ini telah menyatakan diri dengan suka rela kembali ke pangkuan NKRI,” kata Argo, Kamis (18/03/21).

Hingga saat ini, tambah Argo, Polres Kepulauan Yapen terus melakukan upaya pendekatan secara kekeluargaan ke Noak dan jajarannya. Polisi memberikan edukasi agar mereka paham atas tindakannya dan segera kembali menjadi masyarakat Indonesia. Bahkan, mereka juga diajak untuk berperan dalam pembangunan.
Dia berharap, dengan kembalinya Noak sebagai warga Indonesia bisa menyadarkan anggota KKB lainnya untuk mengambil langkah yang sama.

“Kami harapkan rekan- rekannya lain yang masih bergabung dengan kelompok KKB dapat sadar dan juga menyerahkan diri kembali ke Pangkuan NKRI, untuk ikut serta berjuang berpartisipasi membangun Papua menjadi lebih baik,” tambah Argo.

Dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Polres Kepulauan Yapen, Noak didampingi keluarga  menyatakan, dengan niat tulus dan atas keinginan diri sendiri dia kembali sebagai warga negara Indonesia serta setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Dia pun menghimbau kepada rekannya di seluruh Papua khususnya di Kabupaten  Kepulauan Yapen yang masih mendukung Kemerdekaan Papua agar segera mengikuti jejaknya bergabung dengan NKRI.

“Saya selama ini terbebani dengan situasi yang sulit. Hari ini saya bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Kapolres Yapen karena dapat diterima dengan baik dan diberikan bantuan untuk dapat memulai kembali kehidupan yang lebih baik lagi untuk kesejahteraan anak istri dan keluarga saya,” kata Noak.

Dalam kesempatan itu, Noak menyerahkan beberapa barang bukti. Diantaranya, dua pucuk senjata rakitan laras pendek, sejumlah peluru. Lalu, satu buah bendera Bintang Kejora, satu pasang pakaian loreng dan satu buah topi rimba loreng. (Fanal Sagala)

Pos terkait