Tingkat Kematian Covid-19 Lebih dari 3,000 Jiwa dalam Sehari di Brazil

  • Whatsapp
Tingkat Kematian Covid-19 Lebih dari 3,000 Jiwa dalam Sehari di Brazil
Illustrasi vaksin

Monitorindonesia.com – Di dalam kurun waktu sehari dicatat tingkat kematian karena Covid-19 lebih dari 3,000 jiwa di Brazil mengakibatkan warga negara Amerika Selatan tersebut melakukan aksi protes menuntut Presiden, Jair Bolsonaro agar segera mengambil tindakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Penyebaran paling besar tercatat pada hari Selasa (23/03/2021) kematian mencapai 3.251 jiwa dimana di wilayah paling padat penduduk, Sao Paulo mencapai 1,021 kematian.

Secara nasional para pendemo menyuarakan kemarahannya terhadap peemerintahan dalam mengatasi ledakan korban Covid-19 di seluruh wilayah negara bagian pada hari Selasa (23/03/2021).

Bolsonaro selaku presiden mengungkapkan turut berbelasungkawa atas kemalangan yang dialami warganya dan sekali lagi dia berkata bahwa Covid-19 akan segera berlalu.

Bolsonaro sebelumnya telah menlolak pembatasan yang diaplikasikan para kepala daerah karena menurutnya menjelang akhir tahun, Brazil akan melakukan vaksinasi untuk 500 juta lebih penduduknya, dan berkata bahwa 2021 adalah tahun vaksinasi Brazil.

Dia juga memprediksi bahwa masyarakat negara Amerika Selatan tersebut akan kembali normal. Sementara kenyataannya lebih dari setahun pandemi berlalu, tidak ada yang bisa membangkitkan kepercayaan diri warganya.

Presiden Bolsonaro telah terinfeksi Covid-19 tahun lalu, masih saja meremehkan dampak virus tersebut dengan keputusannya menolak pembatasan operasional beberapa sektor bisnis dalam upaya pencegahan penyebaran virus dengan alasan akan berpengaruh buruk terhadap perekonomian negara.

Brazil merupakan negara dengan jumlah korban positif Covid-19 terbanyak di Amerika Latin mencapai 12.000.000 dan 295,425 korban meninggal, menurut John Hopkins University, pusat sumber informasi Covid. [Yohana RJ]

Sumber: VOA News

Pos terkait