Korea Utara Tembakkan Dua Peluru Rudal ke Laut Jepang

  • Whatsapp
Korea Utara Tembakkan Dua Peluru Rudal ke Laut Jepang
Ilustrasi Rudal Korea Utara

Monitorindonesia.com – Korea Utara telah melepaskan dua peluru rudal ke arah lautan Jepang, ungkap AS dan Jepang. Peluru pertama sebagai tes uji sejak Joe Biden menjadi Presiden AS.

Pyongyang dilarang untuk melakukan uji tembakan rudal karena dianggap sebagai ancaman bersenjata menurut Lembaga keamanan PBB. Baik Jepang dan Korea Selatan telah melarang tes rudal tersebut.  Ini terjadi beberapa hari setelah Korea Utara dilaporkan melakukan dua tembakan non-balistik rudal ke Yellow Sea.

Bacaan Lainnya

Jepang mengungkapkan tidak ada puing yang terjadi di wilayah territorial perairan mereka. Amerika Serikat memerintahkan angkatan militer untuk mengawasi wilayah Asia Pasifik pada hari Kamis (24/03/2021) dan menegaskan bahwa adanya ancaman dari Korea Utara atas program gencatan bersenjata terhadap negara tetangga dan komunitas internasional.

Presiden AS Biden belum memberikan pendapatnya secara resmi perihal kasus ini. Pada hari Selasa (23/03/2021) dia sepertinya menganggap biasa saja tentang tembakan rudal dengan non-balistik pada akhir pekan lalu dengan mengatakan bahwa AS tidak menganggap ini sebagai provokasi. [Yohana RJ]

 

Sumber: BBC News Asia

Pos terkait