36 Tewas, Kecelakaan Kereta Api Paling Mematikan di Taiwan

  • Whatsapp
36 Tewas, Kecelakaan Kereta Api Paling Mematikan di Taiwan
Kecelakaan Kereta di Taiwan, Jumat (2/4/2021). [Foto/Reuters]

Taipei, Monitorindonesia.com – Setidaknya terdapat 36 Korban tewas dan 70 orang lainnya masih terjebak di dalam kereta keluar jalur rel di dalam sebuah terowongan ketika sebuah truk tiba-tiba muncul pada hari Jumat (02/04/2021).

Kecelakaan tersebut juga memakan korban luka-luka lebih dari 40 penumpang dan merupakan kecelakaan kereta yang paling mengerikan di Taipei setidaknya dalam empat dekade terakhir.

“Kereta dengan jalur ekspres Taipei ke Taitung membawa para turis dan masyarakat yang pulang kampung karena liburan akhir pekan yang panjang, turun di stasiun Hualien Utara di wilayah bagian timur Taiean,”  tutur tim penyelamat.

Beberapa gambar situasi di tempat kejadian menunjukkan sebagian badan kereta di dalam terowongan lepas dari relnya, bagian lainnya terlihat tampak mau rubuh, tim penyelamat bergerak menghalangi untuk membantu para penumpang.

Kereta tersebut mengangkut sekitar 350 penumpang, tutur tim pemadam kebakaran. Media Taiwan menyebutkan bahwa banyak penumpang yang berdiri karena kereta sangat penuh sehingga terlempar saat kecelakaan terjadi.

Lebih dari 40 orang telah dirawat di rumah sakit dan beberapa korban luka lainnya masih dalam perjalanan menuju rumah sakit dengan jumlah korban yang terperangkap di badan kereta sekitar 70 orang.

Sekitar 80-100 orang dievakuasi dari empat gerbong pertama, sedangkan gerbong kelima sampai kedelapan telah hancur dan sulit untuk diakses, jelas tim penyelamat.

Pusat Lembaga Berita mengungkapkan bahwa sebuah truk yang diparkir dengan tidak benar dicurigai mengenai rel yang sedang dilalui kereta tersebut. Tim pemadam kebakaran menunjukkan gambar dimana rongsokan badan truk tersebut tepat berada disebelah kereta yang tergelincir tersebut.

“Kereta kami menabrak sebuah truk” tutur seorang pemumpang laki-laki dalam sebuah video yang disiarkan oleh televisi Taiwan sambil menunjukkan gambar rongskokan truk tersebut. “Truknya roboh.”

Para penumpang di bagian gerbong luar dan dalam terowongan berhasil diselamatkan, kantor administrasi kereta Taiwan mengatakan.

Banyak gambar yabg menunjukkan penumpang yang terluka berhasil dikeluarkan dari tempat kejadian, kepala dan leher yang ditahan, para penumpang yang mengumpulkan koper dan tas di bagian gerbong yang miring dan keluar rel dan yang lainnya berjalan sambil menyingkirkan bagian yang sudah rongsok.

Beberapa penumpang berjalan keluar terowongan dari atas kereta, menarik koper mereka di belakang kemudian menurunkannya secara bergilir dan dibantu oleh tim penyelamat.

Kecelakaan terjadi pada awal libur akhir pekan yang panjang untuk tradisi berziarah.

Pantai Timur Berpegunungan Taiwan terkenal sebagai tujuan wisata dan jalur kereta dari Taipei ke pantai timur terkenal karena jalur terowongannya dan dikelilingi pantai tepat di bagian timur Hualien tempat kejadian perkara. Jalur penghubung Taipei dengan Hualien dibuka sejak 1979.

Pada tahun 2018, 18 orang tewas dan 175 orang terluka ketika sebuah kecelakaan kereta keluar jalur rel terjadi di timur laut Taiwan dan pada tahun 1981, 30 orang korban tewas di utara Taiwan. [Yohana RJ]

Sumber: Reuters

Pos terkait