50 Prajurit Kolinlamil Berlatih Operasikan Aplikasi Command Control Center System

  • Whatsapp
50 Prajurit Kolinlamil Berlatih Operasikan Aplikasi Command Control Center System
Prajurit Kolinlamil mengikuti aplikasi Command Control Center System (C3S) di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Berbagai cara dilakukan meskipun ditengah pandemi Covid-19 ini, prajurit tetap melakukan latihan sesuai dengan program latihan masing-masing satuan. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti latihan operasi matra laut pusat komando pengendalian (Puskodal) triwulan I 2021.

Latihan yang diselenggarakan Puskodal Kolinlamil ini berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2021). Latopsmatla Puskodal ini diikuti sekitar 50 prajurit yang berlatih tentang aplikasi Command Control Center System (C3S).

Aplikasi C3S merupakan software sistem informasi perpaduan dari rangkaian kegiatan pendeteksian, pengamatan dan pengawasan wilayah perairan yurisdiksi nasional mulai unsur-unsur KRI yang melaksanakan operasi dan Ground Situation atau situasi satuan-satuan dibawahnya.

Sistem informasi C3S sangat erat hubungannya dengan peralatan-peralatan deteksi dan sistem jaringan komunikasi utamanya komunikasi data.

“Tujuan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mengoperasikan aplikasi sistem pusat komando dan pengendalian atau Command Control Center System” ujar Kapuskodal Kolinlamil Letkol Laut (P) Ferry Anton, Rabu (24/2/2021).

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla disela-sela waktunya mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan serta profesionalisme prajurit dalam penguasaan Alutsista.

“Untuk mencapai sasaran latihan, agar prajurit yang mengikuti latihan untuk memaksimalkan kemampuan secara teknis maupun taktis” ujar Irvansyah.

Dalam latihan tersebut, materi-materi yang disampaikan juga disampaikan oleh para perwira dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disinfolahta) Kolinlamil. Materi yang disampaikan diantaranya pengenalan aplikasi C3S beserta tampilan aplikasinya, input data aplikasi C3S dan praktek penggunaan aplikasi C3S.

Pos terkait