50 Prajurit Kolinlamil Ikuti Latihan Evakuasi Medis Penanggulangan Covid-19

  • Whatsapp
50 Prajurit Kolinlamil Ikuti Latihan Evakuasi Medis Penanggulangan Covid-19
Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Latihan Kesehatan (Latkes) Operasi Matra Laut Triwulan I tahun 2021 terkait pandemi virus Corona (Covid-19), Jumat (19/2/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Sebanyak 50 prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Latihan Kesehatan (Latkes) Operasi Matra Laut Triwulan I tahun 2021 terkait pandemi virus Corona (Covid-19), Jumat (19/2/2021).

Latihan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kolinlamil ini merupakan latihan evakuasi medis penanggulangan Covid-19 yang digelar selama 8 hari 15-24 Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Muhammad Hawari Abdi, Sp.Rad mengatakan para peserta diberikan materi tentang penerapan ilmu epidemiologi dilakukan melalui investigasi terhadap kejadian yang berhubungan dengan kesehatan agar dapat terkendali.

Sedangkan materi yang diajarkan terkait dengan penanggulangan Covid-19 diantaranya epidiomologi, evakuasi korban, penatalaksanaan pasien, ruang isolasi, upaya proteksi diri, sosialisasi vaksinasi, monitoring pasca vaksinasi, serta herbal terkait imun probiotik dan praktek evakuasi medis perorangan.

“Ini merupakan pembinaan bagi personel kesehatan dan non kesehatan dalam meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme dalam mendukung tugas pokok Kolinlamil. Dengan pelatihan ini diharapkan prajurit dapat dengan terampil secara perorangan dalam menangani pertolongan dan prosedur evakuasi korban Covid-19 secara cepat dan tepat,” ujar Muhammad Hawari Abdi, Jumat (19/2/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Latihan kesehatan yang diikuti 50 prajurit tersebut mendorong peserta memiliki pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan bagi prajurit kesehatan sebagai pengerahan fungsi pelayanan dan perawatan kesehatan, dalam rangka mengatasi berbagai kesulitan penugasan di KRI maupun di Pendirat.

“Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan skill para prajurit dalam menangani pertolongan dan prosedur evakuasi korban sesuai dengan dinamika saat ini yang sedang wabah Covid-19” tambah Muhammad Hawari Abdi.

Selain itu sasaran dari latihan kesehatan tersebut diharapkan seluruh peserta latihan mampu menguasai materi latihan secara perorangan terhadap tugas dan tanggung jawab pengawak fasilitas kesehatan sesuai prosedur yang berlaku.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.E., CHRMP, M.Tr Opsla menginstruksikan jajaran Kolinlamil untuk selalu menjaga kesehatan terutama imun tubuh dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan, berjemur, mencuci tangan, bermasker dan menjaga jarak dengan menjauhi kerumunan.

“Terus waspada dan menjaga diri serta keluarga dengan melaksanakan protokol kesehatan 3M dan berjemur,” himbau Irvansyah.

Pos terkait