Universitas Terbuka Wujudkan Impian 1 Juta Mahasiswa pada 2025

La Aswan
La Aswan
Diperbarui 16 Januari 2024 11:42 WIB
Peluncuran Prodi S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister PAUD Universitas Terbuka, Selasa (16/1) (Foto: Dok UT)
Peluncuran Prodi S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister PAUD Universitas Terbuka, Selasa (16/1) (Foto: Dok UT)

Tangerang Selatan, MI - Wakil Rektor III Bidang Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka (UT), Prof Dr Paken Pandiangan, menyatakan bahwa saat ini UT memberikan layanan kepada sebanyak 525.360 mahasiswa aktif yang tersebar di 34 provinsi dan lebih dari 50 negara. 

Prof Dr Paken Pandiangan pun menggelorakan semangat belajar sepanjang hayat atau lifelong learning bagi semua penduduk Indonesia, terlebih yang masuk dalam usia pendidikan tinggi. 

Dalam upaya peningkatan kualitas layanannya, UT juga telah merintis program internasional melalui proses pengajuan akreditasi internasional pada beberapa program studi unggulan UT seperti Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Hukum yang banyak diminati masyarakat. 

"Upaya ini terus dikembangkan dalam memperluas akses layanan UT merambah ke masyarakat global untuk mengenyam pendidikan tinggi secara jarak jauh. Terlebih lagi, jika ke depannya Pemerintah Pusat mendukung program kami ini dengan berbagai kebijakan pendidikan yang selaras, maka mimpi capaian Satu Juta Mahasiswa akan terwujud satu saat nanti," kata Prof Dr Paken Pandiangan dalam acara Peluncuran Prodi S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister PAUD, Selasa (16/1).

|Baca Juga: Universitas Terbuka Berinovasi Buka Program Studi PAI dan MPAD, Berikut Profil dan Keunggulannya|

Menurut Prof Dr Paken Pandiangan upaya mengubah stigma masyarakat tentang UT juga terus dilakukan dengan berbagai inovasi. Perubahan cara dalam membangkitkan public awareness terhadap keberadaan UT semakin memperlihatkan hasil positif, Berdasarkan data yang ada di SRS UT, perubahan segmentasi pasar UT juga terlihat. 

Jika dulu UT identik sebagai tempat kuliah bagi orang-orang yang sudah bekerja dan berusia tua, saat ini konfigurasi mahasiswa UT sudah banyak berubah. Lebih dari 70% persen mahasiswa UT saat ini berusia di antara 25 – 30 tahun. 

"Tentu data ini sangat potensial bagi UT terlebih dalam mewujudkan impian 1 juta mahasiswa pada 2025," jelas Prof Dr Paken Pandiangan.

Seiring dengan kondisi UT terkini, UT ke depannya akan terus berinovasi untuk mewujudkan program pendidikan tinggi untuk semua. "Perluasan daya jangkau layanan menjadi concern utama UT untuk melayani masyarakat di daerah-daerah terpencil yang memiliki keterbatasan akses untuk kuliah di PTN/PTS tatap muka," tandas Prof Dr Paken Pandiangan.

Sebagai informasi, bahwa  Universitas Terbuka (UT) kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru semester genap tahun 2023/2024 sejak tanggal 3 November 2023. 

Ada dua jalur yang tersedia yakni jalur umum yang dibuka hingga tanggal 20 Februari 2024 dan jalur rekognisi pembelajaran lampau (RPL) hingga 31 Januari 2024.

Sebelumnya, Universitas Terbuka bersama media massa bekerja sama, berkolaborasi dan mendukung program kerja dalam menyampaikan visi-misi dan berbagai gagasan serta informasi kepada mahasiswa maupun masyarakat. 

Yakni Universitas Terbuka menyelenggarakan kegiatan Media Gathering (UT Media Day) 2023 secara hybrid dengan tema “Satu Hati Satu Jiwa, Bersama UT Menuju 1 Juta Mahasiswa”. Acara ini berlangsung di Ruang Rasamala, Wisma 2, Universitas Terbuka (Pusat), di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (7/12).

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat mengatakan bahwa Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan yang saat ini mempunyai cita-cita meningkatkan jumlah mahasiswa sebanyak 1 juta di tahun 2025 mendatang.

"Tahun depan (2024) insyallah kita punya target 750 ribu mahasiswa, saat ini sudah 500 mahasiswa yang teregistrasi," kata Prof Ojat.

Selengkapnya di sini.........

Just Info!!! Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://sia.ut.ac.id/ dengan biaya admisi sebesar Rp 100 ribu. UT memiliki dua program Diploma D3 dan D4 dan 32 Program Sarjana (S1) yang tersebar ke dalam 4 fakultas.

Cek Lokasi Universitas Terbuka di sini ya!