Capres Terkuat Ketum Parpol, Airlangga Hartarto Kalahkan Prabowo

  • Whatsapp
Capres Terkuat Ketum Parpol, Airlangga Hartarto Kalahkan Prabowo
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. [ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Airlangga Hartarto berada di urutan pertama sebagai Ketua Umum  Partai yang dipilih masyarakat bila dilakukan pemilihan presiden saat ini. Elektabilitas Ketua Umum partai Golkar itu mencapai 29,70 persen.

Hal itu sesuai dengan hasil survey terbaru Lembaga Penelitian Masyarakat Millenial (LPMM) yang direlese pada Kamis (11/02/2021).

Direktur Eksekutif LPMM Daniel Safnat Paaneah mengungkapkan, pihaknya melakukan survey dari 1.324 responden pada 5 -16 Januari 2021.  Survei dilakukan di 420 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan margin of error +/-2.7% dengan tingkat Kepercayaan 95 %.

Daniel menerangkan, capres ketum parpol di urutan kedua yang potensial sebagai capres adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan tingkat elektabilitas 21,70 persen. Urusan ketiga sebanyak 18,90 % memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Hanya 10,80 persen yang memilih Megawati Soekarnoputri (Ketum PDI Perjuangan). Sebanyak 5,80 % memilih Muhaimin Iskandar (PKB) dan Ketum Nasdem Surya Paloh 4,20 %,” katanya.

Sementara ketum parpol lainnya, 1,30 % memilih Zulkipli Hasan (PAN), 1,20 % memilih Ahmad Syaiku (PKS), 1,10 % memilih Suharso Manoarpa (PPP) dan sebanyak 5,30 % memilih untuk tidak memilih ketum partai politik.

Ketika ditambahkan nama-nama tokoh non Ketua Umum Parpol dan Ketum Parpol, dan diminta untuk memilih tokoh manakah yang akan diusung menjadi Capres bila pemilihan presiden di gelar hari ini, maka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan presentase keterpilihan sebesar 11,20%. Sementara Anies Baswedan dengan presentase keterpilihan sebesar 10,30% dan Puan Maharani dengan presentase keterpilihan sebesar 9,70%.

“Sementara Airlangga Hartarto dengan presentase keterpilihan sebesar  8,40%, Prabowo Subianto dengan presentase keterpilihan sebesar 7,40%, AHY dengan presentase keterpilihan sebesar 7,10% dan Gatot Nurmantyo dengan presentase keterpilihan sebesar 5,30%,” sebut Daniel.

Survei dilakukan LPMM dengan media saluran telepon untuk mengambil data survei dari 1324 oleh Surveyor yang terlatih, penentuan responden mengunakan metode “Home Location Register”. HLR adalah singkatan dari “Home Location Register” dari kata-kata tersebut kita dapat mengartikan bahwa kartu kita mempunyai domain register pada area tertentu yang menentukan lokasi dimana sim card actif.[MI/man]

Pos terkait