Ini Alasan Dishub DKI Gelar Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin

  • Whatsapp
Ini Alasan Dishub DKI Gelar Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin

Monitorindonesia.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya memfasilitasi pesepeda Road Bike lantaran kegiatannya berbeda dengan pengguna sepeda non road bike. Pesepeda roadbike untuk berolahraga sementara Sepeda non road bike untuk transportasi.

“Mereka (pesepeda Road bike) sepedanya untuk sport Sementara yang lain untuk transport. Jadi dalam hal ini kami menyediakan jalur lintasan bagi pesepeda untuk kegiatan berolahraga di jalur Sudirman-Thamrin,” kata Syafrin melalui keterangan suara, Selasa (8/6/2021).

Bacaan Lainnya

Meski demikian Syafrin menyebutkan, kegiatan berolahraga sepeda road bike di jalur jalan Sudirman-Thamrin dibatasi selama 1,5 jam dimulai pukul 05.00-06.00 WIB. Sehingga diharapkan waktu itu, imbuh Syafrin dimanfaatkan para peserta sepeda balap untuk berolahraga dan melakukan latihan.

“Setelah itu atau di atas pukul 06.00 WIB, roadbike diharuskan masuk ke jalur sepeda permanen yang sudah ada di ruas jalan Sudirman-Thamrin. Sehingga tidak ada lagi pesepada road bike bercampur dengan kendaraan bermotor,” tukasnya.

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi akan penggunaan Sepeda, Syafrin melanjutkan, pihaknya memfokuskan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi bahwa ruas jalan di Ibukota adalah milik bersama. Semua pengguna kendaraan baik Kendaraan bermotor, mobil, angkutan umum maupu Sepeda memiliki hak yang sama.

“Selain itu kami juga menghimbau kepada masyarakat sebagai pengguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas, menghormati sesama pengguna jalan demi keamanan dan kenyamanan bersama,” imbuh dia.

Diketahui Pemerintah DKI melakukan uji coba sepeda road bike di ruas jalan Sudirman-Thamrin di hari kerja Senin-Jumat dimulai pukul 05.00-06.30 WIB. Uji coba itu kelanjutan dari uji coba sebelumnnya yang digelar di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang selama dua pekan. (Zat)

#Dishub DKI Jakarta
#Dishub DKI Jakarta-Road Bike

Pos terkait