Anggaran Polri Rp 97 Triliun, Ini Penjelasan Wakapolri

  • Whatsapp
Anggaran Polri Rp 97 Triliun, Ini Penjelasan Wakapolri
Wakapolri Gatot Eddy Pramono saat diwawancarai awak media di Gedung Nusantara II, Komples Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/6/2021) [Foto-MI doc]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) telah mengajukan rencana pagu anggaran yang dibutuhkan untuk tahun 2022,  sebesar Rp. 97,52 triliun.  Anggaran tersebut dajukan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI, Senin (07/06/2021).

“Dulu kan anggaran kita pada 2021 itu kann sejumlah kurang lebih 112 triliun, kemudian ada refocusing jadi 106 triliun. kemudian sekarang pagu indikatif ada 97 sekian triliun.” Kata Wakapolri Gatot Eddy Pramono saat diwawancarai awak media di Gedung Nusantara II, Komples Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (07/06/2021).

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan alasan point yang terdapat dalam anggaran itu digunakan untuk belanja meliputi biaya anggaran, biaya perlengkapan dan juga biaya yang mencakup keseluruhan di tubuh POLRi itu.

“Tentunya kegiatan ini kita gunakan untuk nanti belanja pegawai yang memang masih kurang, belanja barang karena ke depan ada kegiatan-kegiatan yang memang harus kita kerjakan seperti belanja barang itu kita menambah jumlah dari pada pendidikan bintara polri yang sekarang itu 10600 orang nanti kita tambah jadi 25 ribu orang. Itu udah biaya untuk pendidikan kemudian gaji mereka. Ini kan akan bertambah.” ujarnya.

Eks Kapolda Metro Jaya itu menjelaskan, bahwa saat ini pembangunan fisik di lahan Ibu Kota Negara baru yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu sudah mulai dibangun fisiknya dan untuk IKN meminta ada alokasi di sektor pengamanannya.

“Itu nanti kita ada biaya untuk berangkat karena anggota dari brimob itu akan kita kirim ke Kaltim dan mereka melaksanakan kegiatan keamanan di sana. Itu biaya transport, berangkat pulang termasuk ada indeks-indeks untuk kegiatan mereka di sana”, tambahnya (AAS)

Pos terkait