Anies : Perokok Kena Covid-19 Akan Mengalami Gejala Fatal

  • Whatsapp
Anies : Perokok Kena Covid-19 Akan Mengalami Gejala Fatal

Monitorindonesia.com – Salah satu orang yang rentan dan beresiko terkena Covid-19 adalah perokok. Pasien akan mengalami gejala yang cukup serius.

“Perokok memiliki risiko Iebih besar mengalami gejala yang parah dan meninggal akibat COVID-19,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui Instagramnya @aniesbaswedan, Senin (31/5/2021).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik pada Maret 2019 lalu sebanyak 26 persen warga DKI Jakarta adalah perokok dan menghabiskan 10,3 batang rokok per hari.

Orang nomor satu di Jakarta ini mengajak, masyarakat untuk berhenti merokok guna menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat bagi diri sendiri dan keluarga. Segala jenis rokok harus ditinggalkan.

“Berani Berhenti Merokok, apapun jenisnya! Ayo berhenti merokok,” paparnya.

Menurutnya, uang yang tadinya dibelikan rokok kini harus mulai ditabung, yang nanti uang tabungannya untuk kebutuhan sehari-hari keluarga.

“Bisa Iebih banyak menabung, dan bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang Iebih bermanfaat,” papar dia.

Sementara itu menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Indonesia menjadi negara peringkat ketiga jumlah perokok terbesar di dunia setelah India dan Cina, bahkan kata dia perokok dari usia 10 hingga 18 tahun juga terus bertambah.

“Risiko perokok (dapat menimbulkan) penyakit tidak menular dan dapat meningkatkan kerentanan paparan terinfeksi virus corona, serta keparahan COVID-19 yang lebih,” ucap Budi dikutip dari instagram @aniesbaswedan. (Zat)

Pos terkait