Anies Sebut Jalur Sepeda Di Ibukota Masih kurang Panjang

  • Whatsapp
Anies Sebut Jalur Sepeda Di Ibukota Masih kurang Panjang

Monitorindonesia.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan jalur sepeda saat ini yang ada di Ibukota masih kurang mencukupi. Karena itu Pemprov DKI akan menambah jalur lintasan sepeda.

Anies menuturkan, sebagai bentuk perhatian pemerintah DKI terhadap kegiatan bersepeda di Jakarta, paling tidak jalur sepeda harus sepanjang 500 kilometer (Km) yang terbentang di lima wilayah Jakarta.

“Idealnya di Jakarta nanti ada 500 km jalur sepeda itu ideal yang ingin kita capai ke arah sana,” ujar Anies di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (4/6/2021).

Untuk itu, kata Anies, pada tahun ini, Pemprov DKI menargetkan pertambahan jalur lintasan sepeda sepanjang 101 kilometer. Saat ini, DKI baru memiliki jalur sepeda sepanjang 63 kilometer yang berada di sisi sebelah kiri jalan.

Selain itu, terdapat jalur sepeda permanen sepanjang 11,2 kilometer yang berada di jalan Sudirman-Thamrin. “Jadi Insyaallah total di akhir tahun kita punya lebih dari 170 Km jalur sepeda,” ucap Anies.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, mengungkapkan, pembangun jalur sepeda itu bukan berasal dari dana APBD. Melainkan merupakan dana dari kewajiban pihak ketiga atau swasta. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp28 miliar. “Dari total anggaran, Rp800 miliar untuk membangun tugu sepeda,” ujarnya.

Anies mengakui pihaknya memberi perhatian terhadap kegiatan bersepeda. Sebab, selain merupakan olahraga yang positif, bersepeda juga termasuk olahraga yang simpel.

“Karena tidak harus menggunakan pakaian khusus, tidak wajib memakai sepatu tertentu dan tidak harus sepeda mahal. Tapi yang wajib diperhatikan keselamatan artinya wajib memakai helm,” terang dia.

Dia menambahkan, bersepeda bukan hanya sekedar alat media berolahraga tapi guna sebagai alat transportasi. Diharapkan sepeda bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja.

“Kita berharap kampanye untuk mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ini bisa terus berkembang,” pungkas Anies. (Zat)

Pos terkait