Anies Sebut Lonjakan Pengunjung Tanah Abang Tak Terduga

  • Whatsapp
masa-lebaran-tempat-wisata dki-dibuka
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. [Ist]

Monitorindonesia.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung mengunjungi pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kedatangan Anies bersama Kapolda Metro Jaya Fadil Imran lantaran situasi Pasar Tanah Abang tidak kondusif akibat pengunjung yang melebihi kapasitas.

Anies mengatakan mendapat laporan bahwa ada lonjakan masyarakat yang melampaui batas.

Bacaan Lainnya

“Memang pak Dirut pasar jaya melaporkan bahwa terjadi lonjakan yang luas biasa hari sabtu kemarin,” ujar Anies di Pasar Tanag Abang, Jakpus, Minggu (2/5/2021).

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta tidak menduga bakal terjadi kepadatan pengunjung yang luar biasa dibanding hari-hari biasa. Tingginya antusias masyarakat yang ingin belanja di pusat perbelanjaan yang diklaim terbesar se-asia tenggara tersebut, disebabkan waktunya bersamaan dengan weekend dan menjelang Lebaran.

“Lonjakam pengunjung cukup banyak Kemarin itu 87 ribu orang yang datang. Padahal hari jumat dan hari-hari biasanya itu paling sekitar 35 ribu. Jadi, memang hari kemarin terjadi lonjakan yang tidak terduga,” ucap Anies.

Anies melanjutkan sebagai langkah antisipasi, Pemprov DKI menerjunkan sebanyak 750 personel gabungan untuk membantu Pasar Jaya. Pemprov DKI ingin lokasi Pasar Tanah Abang terkendali meskipun kerumunan massa cukup banyak. Selain itu agar para pengunjung mentaati protokol Kesehatan.

Dengan rincian, 250 orang dari satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI, 250 dari kepolisian Polda Metro Jaya, dan 250 berasal dari unsur TNI yakni dari Kodam Jaya.

“Hari ini mereka akan berada di lapangan bekerja untuk memastikan bahwa jumlah warga yang datang ke pasar, yang tinggi itu,” ungkap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengingatkan kepada masyarakat yang mengunjungi Pasar Tanah Abang untuk menaati protokol kesehatan.

“Kita sama sekali tidak terprediksi kemarin muncul angka 2 kali lipat dari biasanya,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait