Artidjo Hakim “Algojo” Koruptor Itu Telah Berpulang…

  • Whatsapp
Artidjo Hakim "Algojo" Koruptor Itu Telah Berpulang...
Artidjo Alkostar.[ist]

Monitorindonesia.com – Anggota Dewas Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Artidjo Alkostar dinyatakan meninggal dunia pada hari Minggu, 28 Februari 2021, sekira pukul 14.00 WIB. Artidjo meninggal dunia karena sakit gangguan jantung dan paru-paru.

Kepergian Artidjo dirasakan Keluarga Besar Mahkamah Agung (MA). Wakil Ketua MA bidang Yudisial, Andi Samsan Ngaro mengungkap bahwa jajarannya menyatakan duka cita yang dalam atas berpulangnya Artidjo Alkostar.

“Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT,” Andi Samsan Ngaro saat dihubungi, Minggu (28/2/2021).

Artidjo menjadi hakim agung sejak tahun 2000. Sebanyak 19 ribuan kasus telah ia ketok. Dari kasus korupsi Presiden Soeharto hingga kasus Ahok.

Andi Samsan mengenang, Selama bertugas di MA, Artidjo adalah hakim agung yang tekun dalam bekerja. Selain itu jujur dalam melaksanakan amanah serta konsisten dalam menjatuhkan putusan.
“Beliau banyak menangani perkara korupsi,” kata Andi.

Semasa hidup, Artidjo dianggap sosok yang memiliki integritas baik, khususnya saat menjadi hakim agung. Andi percaya masyarakat Indonesia dan dunia peradilan kehilangan atas kepergian almarhum.

“Bapak Artijo Alkostar ketika beliau bertugas sebagai hakim agung dan kemudian menjabat sebagai Ketua Kamar Pidana, beliau bekerja dengan baik dan tekun serta jujur dalam melaksnakan amanah. Selamat jalan Pak Artidjo,” ucap Andi.

Artidjo Alkostar merupakan mantan Hakim Agung yang pensiun pada 22 Mei 2018 setelah genap berusia 70 tahun. Artidjo sudah 18 tahun menduduki posisi Hakim Agung sebelum akhirnya pensiun.

Artidjo dikenal sebagai hakim yang keras pada koruptor. Saat ini, ia menjabat sebagai Anggota Dewas KPK sampai pada akhirnya tutup usia. Ia dilantik menjadi Anggota Dewas KPK pada 2019.[man]

Pos terkait