Bahas Potensi Ancaman Kedaulatan, Komisi I Gelar Rapat dengan BAIS

  • Whatsapp
Bahas Potensi Ancaman Kedaulatan, Komisi I Gelar Rapat dengan BAIS
Dave Laksono.[ist]

Monitorindonesia.com – Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, Komisi Pertahanan itu telah meminta penjelasan dari Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI terkait berbagai potensi ancaman kedaulatan Indonesia yang kemungkinan akan dihadapi ke depan.

“Ada beberapa hal yang kami pertanyakan terkait kondisi kesigapan dari TNI secara keseluruhan terhadap potensi ancaman-ancaman yang berasal dari mana saja,” kata dia usai hasil rapat dengar pendapat Komisi I DPR dengan Kepala BAIS TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, yang berlangsung secara tertutup di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (29/3/2021).

Bacaan Lainnya

Fikarno menilai potensi ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, misalnya potensi konflik di Laut China Selatan, lalu kekacauan di Myanmar yang juga anggota ASEAN.

Menurut dia, terkait kondisi di Myanmar, perlu diantisipasi apakah konfliknya akan melebar atau tidak karena Indonesia harus mempersiapkan rencana matang apabila terjadi perang saudara di wilayah tersebut.

“Harus ada tindakan alternatif kalau terjadi hal buruk di sana (Myanmar) dan sikap pemerintah Indonesia untuk menangani hal tersebut,” ujarnya.[man]

Pos terkait