Bahlil Lahadalia Dinilai Layak Jadi Menteri Investasi

  • Whatsapp
Bahlil Lahadalia Dinilai Layak Jadi Menteri Investasi
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.[ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Siapa sosok yang bakal menempati pos Kementerian baru yakni Kementerian Investasi hingga saat ini belum terlihat jelas. Meski beredar sejumlah nama-nama tertentu ditengah publik namun belum ada yang bisa memastikan sosok seperti apa yang diharapkan Presiden Jokowi untuk mengisi pos jabatan tersebut.

Politisi PDI Perjuangan Darmadi Durianto mengatakan, pos Kementerian Investasi semestinya diisi sosok yang sarat prestasi dan pengalaman disektor investasi. Bahlil Kepala BKPM sekarang, dinilainya cukup capable jika ditempatkan di Keminves.

Bacaan Lainnya

“Bahlil punya rekam jejak yang cukup bagus ditengah hantaman ekonomi global imbas pandemi Covid-19. Modal ini saya kira bisa jadi point penting untuk isi jabatan Keminves,” ujar Darmadi, Rabu (21/04/2021).

Berdasarkan catatannya, Darmadi mengungkapkan, banyak capaian dan terobosan positif yang ditorehkan Bahlil Lahadia selama menjadi kepala BKPM. Pertama, Bahlil mampu membangun sistem komunikasi yang luwes baik di internalnya maupun eksternalnya.

Kedua, berani dobrak banyak ego sektoral, ego yang selama ini jadi kendala dan banyak dikeluhkan para investor. Ketiga, Bahlil mampu menyelesaikan investasi-investasi yang sebelumnya mangkrak dan terbukti berhasil diselesaikan.

“Keempat, untuk investasi perlu yang punya latar belakang masalah sehingga tahu kesulitan masalah,” tandas Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Darmadi juga menegaskan, Kementerian Investasi membutuhkan leadership yang mampu membawa perubahan dan terobosan yang out of the box. Artinya tidak hanya sekedar bekerja berbasis birokrasi belaka nantinya tapi mampu menghadirkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Karena dua hal ini sebagaimana dikatakan Joseph Alois Schumpeter dalam sejumlah bukunya seperti Theory of Economic Development, bahwa kreativitas dan inovasilah yang akan memantik revolusi ekonomi (creative destruction). Dia dua prasyarat itulah tengah dimiliki kepala BKPM Bahlil Lahadalia,” kata dia.

Namun, sambung dia, soal siapa yang pantas jadi Menteri Investasi tentunya itu hak penuh pak presiden Jokowi. Hanya saja jika boleh mengusulkan Darmadi melihat sosok Bahlil Lahadalia cukup memadai jika dilihat dari sisi capaian dan sejumlah indikator lainnya.

“Termasuk kiprah dia sebelum jadi kepala BKPM dimana Bahlil sukses dari sisi bisnis. Saya kira latar belakang ini mesti jadi catatan penting agar kementerian Investasi di isi figur yang berlatarbelakang pengusaha karena dia memahami kesulitan-kesulitan yang mesti dihadapi, jangan sampai Menteri Investasi nanti tidak memiliki rekam jejak di dunia bisnis,” tandasnya.[bng]

 

Pos terkait