Banjir Belum Surut 6 Jam, Ini Alasan Anies Baswedan

  • Whatsapp
Banjir Belum Surut 6 Jam, Ini Alasan Anies Baswedan
Anies Baswedan. [dok MI]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan, penyebab belum surutnya banjir di Jakarta dalam waktu enam jam. Dia beralasan air dari hulu sungai di Jakarta menambah parah banjir Jakarta.

“Betul kita sesudah enam jam airnya surut di sungai kembali normal atau enam jam sesudah hujannya berhenti. Nah yang terjadi adalah hujannya berhenti, tapi aliran dari hulu masih jalan terus, sehingga di situ lah masih terjadi kendala,” katanya ketika meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Sabtu (20/2).

Menurutnya, hitungan enam jam air akan surut ketika dua faktor yakni, air di sungai surut dan hujan yang berhenti terpenuhi. Karena kedua faktor tersebut belum terjadi mengakibatkan banjir masih merendam di beberapa lokasi di Jakarta.

“Jadi harus kedua-duanya disatu sisi alirannya limpahan, kalau teman-teman perhatikan di bawah air kiriman dari kawasan hulu dan dari kawasan tengah. Kawasan hulu itu Bogor, kawasan tengah itu Depok itu sedang jalan menuju Jakarta. Nah karena itu, tentu akan berdampak pada kawasan-kawasan yang ada di sekitarnya,” katanya.

Anies mengatakan untuk saat ini pihaknya fokus bagaimana menjaga keselamatan masyarakat dan menjaga agar kawasan utama di Ibu Kota tidak terdampak banjir.

“Tapi prioritas kita dalam situasi yang ekstrem seperti itu adalah keselamatan warganya,” katanya.

Anies mengklaim pengendalian pintu-pintu air bisa berjalan dengan baik. Kawasan utama yang terkait dengan jalan protokol terbebas dari banjir.[odr]

Pos terkait