Banjir Jakarta, Anies Baswedan “Ngeles” Akibat Banjir Kiriman

  • Whatsapp
Banjir Jakarta, Anies Baswedan "Ngeles" Akibat Banjir Kiriman
Banjir di Cepete, Jakarta Selatan. [ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai lempar tanggungjawab alias ngeles yang menuding penyebab banjir si sejumlah titik di Jakarta dalam dua hari terakhir akibat banjir kiriman dari hulu Sungai Krukut yakni Depok, Jawa Barat. Dalam dua hari terakhir banjir menggenangi sejumlah jalan protokol di Jakarta Jalan Sudirman, Jalan Tandean, Kemang dan lainnya.

“Penambahan debit air bukan dari hujan lokal di kawasan Kemang atau Jalan Sudirman, melainkan di kawasan antara hulu dan Jakarta,” tulis Anies Baswedan dalam akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, yang dikutip Minggu (21/2).

Bacaan Lainnya

Anies mengatakan, luapan Kali Krukut ini ditengarai menampung pertambahan debit air dari hujan lokal dari kawasan Depok, Jawa Barat. Menurutnya, curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jenderal Sudirman.

Di hulun Kali Krukut dikatakan Anies terjadi curah hujan yang sangat tinggi tercatat 136 mm/hari . Dia juga mengungkapkan, kedua aliran sungai itu bertemu di belakang Kompleks Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lalu mengalir ke kawasan Jalan Sudirman.

“Jadi kemarin adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok,” ujarnya.

Anies mengklaim, seluruh ruas jalan yang tergenang banjir akibat luapan Sungai Krukut sudah kembali normal pada Minggu (21/2/2021) pagi.[hot]

Pos terkait