Banyak Travel Gelap di Masa Larangan Mudik, Dishub DKI Ngaku Ogah Kecolongan Lagi

  • Whatsapp
Banyak Travel Gelap di Masa Larangan Mudik, Dishub DKI Ngaku Ogah Kecolongan Lagi

Jakarta, Monitorindonesia.com – Pemerintah kembali memberlakukan kebijakan larangan mudik pada Lebaran Idul Fitri tahun ini. Meski begitu, berkaca dari peristiwa larangan mudik Lebaran tahun lalu, masih banyak warga yang nekat mudik bahkan menggunakan travel gelap atau angkutan umum lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, belajar dari pengalaman Lebaran tahun lalu, pihaknya tidak mau kecolongan lagi. Karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dirlantas Polri guna mengidentifikasi mana travel gelap yang hendak mudik dengan mobil pribadi yang termasuk dalam kendaraan pengecualian.

“Mudah saja mengidentifikasinya (travel gelap). Rekan Dirlantas sudah punya pengalaman akan hal ini. Lebaran yahun lalu sudah dilakukan penahanan 400 mobil travel gelap. Jadi kita bertindak berdasarkan itu. Mana yang benar-benar kendaraan melakukan perjalanan mudik sesuai ketentuan mana yang bukan akan ketahuan,” paparnya.

Menurut Syafrin pihaknya tidak akan segan-segan untuk menahan bahkan menyetop operasi travel gelap maupun angkutan umum yang membandel meski sudah ada surat larangan mudik. “Bagi travel maupun angkutan umum yang melanggar tentu akan kita tindak sesuai aturan. Kita akan stop operasi nya sampai kebijakan ini berakhir,” pungkas dia. (Zat)

Pos terkait