Data Bocor, Bareskrim Panggil Dirut BPJS Kesehatan Senin

  • Whatsapp
Data Bocor, Bareskrim Panggil Dirut BPJS Kesehatan Senin
Ilustrasi Pencurian data [Foto-limapagi]

Monitorindonesia.com – Bareskrim Polri akan memanggil Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti Senin (24/5/20221). Pemanggilan Ali terkait dugaan bocornya data 279 juta penduduk Indonesia.

“Saya panggil klarifikasi Dirut BPJS Kesehatan pada Senin,” ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi, Jumat (21/5.2021).

Bacaan Lainnya

Dit Siber Bareskrim Polri akan mengonfirmasi Dirut BPJS Kesehatan terkait dengan teknis pengoperasian data di BPJS Kesehatan.

Anggota Komisi I DPR, Sukamta di Jakarta, Jumat (21/5/2021 ) menyatakan, sudah sangat sering terjadi kebocoran data pribadi di internet. Entah itu data pribadi di ranah swasta seperti data di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lainnya, juga data di instansi publik seperti bocornya data pasien Covid-19, data Pemilu di KPU, dan dugaan yang terbaru data BPJS Kesehatan.

Menurutnya, demikian lemahnya ketahanan siber bangsa ini meskipun BPJS selalu maintenance agar keamanan data peserta terjamin kerahasiaannya, ditambah para hacker dan cracker cukup memiliki keahlian yang terus diasah dengan teknologi yang terus diupdate.

“Data BPJS Kesehatan ini sangat besar, 279 juta, termasuk data peserta yang sudah meninggal. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah total penduduk Indonesia. Ini alarm bagi Indonesia!” ujar Sukamta.

Wakil Ketua Fraksi PKS ini menambahkan bahwa pemerintah harus segera menginvestigasi kasus ini agar menjadi clear apa sumber kebocoran tersebut dan apakah benar website BPJS Kesehatan yang berhasil dibobol atau sistem informasi lain yang diretas. Langkah-langkah mitigasi harus dilakukan agar data yang sudah terlanjur bocor tadi disetop penyebarannya dan dimusnahkan.

Pemerintah juga harus memiliki antisipasi efek dari bocornya data ini, apakah setelah ini akan ada ‘serangan’ lain di dunia maya yang bisa mengguncang ketahanan siber.[Cal]

Pos terkait