Basarah : Masa Jabatan Presiden Dua Periode Sudah Ideal

  • Whatsapp
Basarah : Masa Jabatan Presiden Dua Periode Sudah Ideal
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.[Sumber Foto; Istimewa]

Monitorindonesia.com – Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Basarah menilai masa jabatan presiden dua periode sebagaimana yang diatur dalam UUD 1945 sudah ideal sehingga tidak perlu dirubah lagi.

“Bagi PDIP, masa jabatan presiden dua periode sudah ideal,” kata Basarah, Minggu (14/3/2021).

Bacaan Lainnya

Basarah juga mengatakan, hingga saat ini Fraksi PDI Perjuangan belum pernah memikirkan apalagi mengambil langkah-langkah politik untuk mengubah konstitusi hanya untuk menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Demikian juga di MPR, belum pernah membahas isu masa jabatan presiden tersebut dan mengubahnya menjadi tiga periode.

Saat ini, kata Basarah, yang diperlukan adalah kepastian akan kesinambungan pembangunan nasional dalam setiap pergantian kepemimpinan nasional. Sehingga visi misi dan program pembangunan tidak berubah setiap adanya pergantian Presiden.

“Atas dasar itu, yang dibutuhkan bangsa kita saat ini adalah perubahan terbatas UUD 1945 untuk memberikan kembali wewenang MPR menetapkan GBHN dan bukan menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode karena hal tersebut bukan kebutuhan bangsa kita saat ini,” tegasnya.

Diketahui, wacana amendemen UUD 1945 untuk mengubah masa jabatan presiden menjadi tiga periode kembali dimunculkan. Kali ini diusulkan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono.

Arief mengatakan, amandemen UUD 1945 dilakukan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa mencalonkan lagi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.[odr]

Pos terkait