Basarnas Evakuasi Warga Kampung Babakan Banten Bekasi Terjebak Tanggul Jebol

  • Whatsapp
Basarnas Evakuasi Warga Kampung Babakan Banten Bekasi Terjebak Tanggul Jebol
Petugas Basarnas melakukan evakuasi terhadap warga Kampung Babakan Banten yang terjebak aliran banjir karena jebol nya tanggul kali Citarum, Minggu (21/2/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Viral di media sosial video terkait seorang warga yang meminta tolong kepada pihak Badan SAR Nasional sedang berada di lantai dua rumah dengan latar belakang aliran air yang sangat deras, Minggu (21/2/2021).

“Kami dari Kampung Babakan Banten, RT05/03. Kami minta bantuannya pak, kami terjebak di lokasi banjir di pisang. Tolong pak tolong,” ujar seorang ibu berbaju batik dengan nada cemas dan ketakutan.

Siti Khodijah, Warga Kampung Babakan Banten, Desa Ciurip, Kecamatan Pabayuran Bekasi menyebutkan pihaknya bersama warga yang lain saat ini masih terjebak banjir yang diakibatkan jebol nya tanggul kali Citarum.

“Disini terjadi tanggul jebol Kali Citarum. Disini ada sekitar 200-300 orang. Kami sekarang sedang mengungsi di SMKN 1 Pebayuran,” kata Siti Khodijah.

Ketika dikonfirmasi, Humas Basarnas, Yusuf Latief menyebutkan tim Kantor SAR Jakarta dan Kantor SAR Bandung tengah berupaya melakukan proses evakuasi terhadap warga yang terjebak di aliran tanggul jebol.

“Proses evakuasi korban yang terjebak di aliran air akibat tanggul sungai Citarum yang jebol di kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sudah dilakukan proses evakuasi,” ujar Yusuf Latief.

Ia menyebutkan pihaknya juga mengerahkan tim evakuasi dari BSG Pusat menuju lokasi terjadinya tanggul jebol.

“Kami baru slesai di Karawang, dan malam ini baru mau masuk ke sana untuk memperkuat evakuasi,” kata petugas Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Kantor SAR Jakarta, Hendra Sudirman menyebutkan pihaknya masih berupaya melakukan proses evakuasi.

“Untuk warga yang terjebak di rumah (karena arusnya kuat) di Kampung Babakan Desa Sumber Urip Kecamatan Pebayuran. Alhamdulillah sudah sebanyak 7 orang warga yang terjebak sudah terselamatkan. 2 tim otw dari Jakarta dan 3 tim dari Karawang menuju lokasi tanggul,” ujar Hendra Sudirman ketika dikonfirmasi MonitorIndonesia.com, Minggu (21/2/2021) malam.

Pos terkait