2 Anggota KKB yang Ditembak Mati di Tembagapura Diketahui Miliki Peran Penting

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 6 April 2024 11:37 WIB
Anggota KKB Papua yang ditembak mati di Tembagapura (Foto: Ist)
Anggota KKB Papua yang ditembak mati di Tembagapura (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Aparat gabungan TNI dan Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz menembak mati dua orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sekitar Kali Kabur, Mile 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (4/4/2024) petang.

Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menyebut langkah itu sebagai tindakan penegakan hukum dalam menjaga keamanan di Bumi Cenderawasih. 

"Kegiatan ini merupakan respons informasi yang diberikan oleh masyarakat kepada kami bahwa di sekitar lokasi terdapat 2 anggota KKB yang aktifaktif," kata bayu kepada wartawan, dikutip Sabtu (6/6/2024). 

Sementara, Kepala Operasi (Kaops) Satgas Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani, mengungkapkan 2 identitas anggota KKB itu adalah Abu Bakar Kogoya (28) dan Damianus Magay (21).

Dari hasil identifiasi, diketahui Abu Bakar Kogoya memilik peran penting dalam kelompok tersebut, yang merupakan Komandan Operasi Umum dalam KKB.

"Ya, kemarin saya sudah publikasikan (informasi) tentang Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni. Jabatannya dalam KKB adalah sebagai Komandan Operasi Umum Kodap 8 Intan Jaya, Papua Barat. Alamatnya di Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Timika," ujar Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/4/2024).

Adapun Damianus Magay alias Natan Wanimbo juga merupakan Komandan Operasi dalam KKB, diketahui dari identitas KTP yang melekat pada jenazah sebagai Demianus Magai, tempat tanggal lahir di Timika, 24 Desember 2003 dan beralamat Lamopi Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika.

"Berdasarkan ciri-ciri fisik dan hasil cross check dengan jaringan KKB kelompok Gusby Waker yang saat ini menjadi warga binaan di Lapas, mereka mengatakan bahwa jenazah KKB tersebut sehari-hari dikenal dengan nama Natan Wanimbo. Ia merupakan Komandan Operasi Umum wilayah Sorong sampai Merauke," imbuhnya.