Besok, Azis Syamsuddin Diperiksa KPK

  • Whatsapp
paripurna-dpr-Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Monitorindonesia.com – Ketua Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berjanji bakal memeriksa Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin secepatnya. Azis disebut-sebut terlibat mengenalkan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang kini ditahan oleh KPK akan kasus suap.

“Kalau bisa Senin kita periksa, kita periksa. Bisa Selasa, kita periksa. Secepatnya,” ujar Firli Bahuri Gedung KPK, Sabtu (24/4/2021).

Bacaan Lainnya

Hingga Senin malam, Azis belum diperiksa oleh KPK. Namun merujuk janji Firli Bahuri, besok Selasa kemungkinan besar Azis Syamsuddin akan diperiksa.

Azis Syamsuddin juga diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR oleh Wakil Ketua Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) Kurniawan Adi Nugroho.

“Iya sekitar jam 11.00,” kata Kurniawan Adi Nugroho saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021).

Dalam surat tanda terima MKD, pokok aduan terkait pertemuan antara pihak yang sedang diselidiki KPK dengan penyidik KPK di rumah dinas Azis Syamsuddin. Menurut Kurniawan, Azis sepatutnya tak memfasilitasi pertemuan tersebut.

Kuniawan menyebut Syahrial datang ke rumah dinas Azis Syamsuddin dan ada penyidik KPK AKP Robin. Di titik itu lah, Azis dinilai melanggar kode etik.

“Nah itukan Pak Azis ini dia sudah dari Komisi III di mana KPK mitra kerja dari dulu. Dia seharusnya tahu bahwa itu adalah perbuatan yang dilarang tapi itu justru dilakukan apalagi ternyata pertemuan itu membahas perbuatan yang melanggar hukum,” ucap Kurniawan.

Kurniawan berharap laporan LP3HI terhadap Azis diproses oleh MKD DPR RI. LP3HI meminta MKD DPR RI memeriksa Azis Syamsuddin.[mar]

 

Pos terkait