Besok Tilang Elektronik Bakal Diluncurkan Secara Nasional, Tapi Operasional Belum Jelas 

  • Whatsapp
Besok Tilang Elektronik Bakal Diluncurkan Secara Nasional, Tapi Operasional Belum Jelas 
Monitorindonesia.com – Rencana teknologi tilang elektronik akan diluncurkan  pada akhir pekan ini, Sabtu (20/3/2021). Hanya saja, belum dipastikan waktu operasional resminya.
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan tengah menyiapkan 30 kamera electronic traffic law enforcement (ETLEmobile untuk menindak pelanggar lalu lintas di berbagai ruas Ibu Kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, fungsi dari kamera ini tidak jauh berbeda dengan kamera tilang elektronik yang telah terpasang di jalan.

Jadi, kamera ETLE akan merekam para pelanggar lalu lintas selama polisi melakukan patroli rutin.

Adapun salah satu wilayah yang disasar oleh kendaraan patroli terkait ialah ruas yang dinilai rawan terjadinya pelanggaran seperti Jalan Layang Non Tol (JLNT).

“Jadi ketika patroli, ada yang melanggar itu langsung terekam, Rekaman itu kemudian diperiksa di kantor untuk ditindak lebih lanjut,” ujar dia.

“Proses selanjutnya, bila pengendara terbukti melanggar lalu lintas, sapa seperti ETLE. Surat konfirmasi dikirim ke rumah pelanggar beserta foto atau buktinya, tanggal, tempat, dan lain-lain,” lanjut Sambodo.

Tentu, petugas juga akan melakukan konfirmasi kepada pelanggar tadi. Bila tak ada penolakan atau terbukti, mekanisme pengurusan sanksi dan bayar tilang dilakukan. (tak)

Pos terkait