BKMG : Waspadai Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

  • Whatsapp
BKMG : Waspadai Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah
Ilustrasi BMKG

Monitorindonesia.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang diperkirakan terjadi di wilayah di Tanah Air pada Sabtu.

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia,” tulis BMKG yang disadur dari situs BMKG.go.id, Sabtu (17/4/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk Sabtu (17/4/2021) wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat.

Wilayah yang berpotensi angin kencang (lebih dari 45 km/jam) yakni Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Timur, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Siklon tropis surigae (975 hPa) terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dan berdampak peningkatan tinggi gelombang mencapai 4-6 meter di Samudra Pasifik utara Halmahera. Sementara gelombang 2,5-4 meter di perairan utara Halmahera, perairan Kepulauan Talaud dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.[cal]

Pos terkait