Blinken Akan Tiba di Ukraina Ditengah Ketegangan dengan Rusia

  • Whatsapp
blinken-akan-tiba-di-ukraina

Kyiv, Monitorindonesia.com – Sekretaris negara AS Antony Blinken dijadwalkan akan tiba di Kyiv, Ukraina Kamis (06/05/2021), dia dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy, Perdana Menteri Denys Shmyhal dan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba.

Menurut sebuah berita dari Departemen luar negeri menginformasikan bahwa Blinken akan menekankan dukungan AS yang tak tergoyahkan terhadap kedaulatan Ukraina dan integritas territorial dalam menghadapi agresi Rusia yang sedang terjadi.

“ AS sangat peduli dengan tindakan agresi Rusia dan retorika target Ukraina termasuk dengan bertambahnya pasukan tentara Rusia di wilayah Crimea dan sekitar perbatasan Ukraina,” jelas berita tersebut.

“AS akan tetap memantau situasi ini” tambahnya. Blinken diharapkan akan menegaskan bahwa AS tidak akan mengizinkan aneksasi semenanjung Ukraina Krimea oleh Rusia di tahun 2014 dan mengembalikannya ke Ukraina.

Dia juga akan memanggil Rusia untuk menegakkan komitmennya di bawah kesepakatan Minsk untuk mengakhiri konflik Ukraina Timur. Sejak 2014 Rusia telah didukung oleh para kaum separatis yang pro Rusiadi wilayah bagian timur Donbas.

Departemen luar negeri mengatakan bahwa Blinken akan mendorong reformasi institusional di Ukraina yang disebut sebgai kunci keamanan untuk institusi demokrasi di Ukraina, kemakmuran ekonomi dan masa depan Euro-Atlantik.

Blinken sepertinya akan menekankan pentingnya dukungan ekonomi Amerika untuk Ukraina.

“Sejak 2014, AS telah memberikan bantuan ke Ukraina dengan total sebesar 4.6 triliun dolar AS termasuk bantuan kemanan dan non keamanan,” menurut Departemen Luar Negeri. [Yohana RJ]

Sumber VOA News

Pos terkait