BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Sejumlah Wilayah Indonesia

  • Whatsapp
BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrim di Sejumlah Wilayah Indonesia
Ilustrasi BMKG

Monitorindonesia.com – Badan Metereolgi Klimatologi Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya dua bibit siklon tropis yaitu 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan intensitas kedua bibit siklon tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulisnya Minggu (04/4/2021).

Selain itu dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral. Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan.

BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia. Wolayah itu seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa, Sulawesi dan Maluku.[ben]

Pos terkait