Bocah 12 Tahun Kemudikan Truk Tronton, Sopir Utama Mengantuk

  • Whatsapp
Bocah 12 Tahun Pengemudi Truk Tronton Dikembalikan

Monitorindonesia – Kronologi bocah 12 tahun yang mengemudikan truk tronton di Jalan Tol kilometer 12 arah Cikampek, akhir 2020 lalu diungkap Ditlantas Polda Metro Jaya Jumat (30/4)

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar 6 bulan lalu.

Awalnya truk milik PT STA itu dikemudikan oleh H (23) dari Jakarta menuju Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat bepergian itu, dia mengajak anak itu.

“Kemudian setibanya di KM 12 arah ke Cikampek, karena si H merasa ngantuk, kemudian berhenti dan digantikan oleh si anak yang kebetulan adalah keponakannya yang ada di dalam mobil tersebut,” kata Sambodo, Jumat (30/4/2021).

Setelah tukar posisi di rest area, H kemudian tidur di dalam truk tersebut. Sedangkan truk kemudikan oleh keponakannya dari kilometer 12 arah Cikampek.

Di antara kilometer 12 sampai 19 aksi bocah tersebut direkam oleh sesama sopir yang melintas di arah yang sama.

Rekaman video itu kemudian viral. Polisi menyelidiki identitas bocah itu dari video yang beredar di media sosial.

“Kemudian kendaraan tersebut akhirnya kita dapatkan. Milik perusahaan angkutan barang, PT STA di Jakarta Utara,” kata Sambodo.

Semenjak video aksi bocah pembawa truk itu viral, H yang merupakan sopir asli telah dipecat oleh perusahaan.

Adapun bocah tersebut telah diserahkan ke orangtuanya untuk dilakukan pembinaan dengan didampingi psikolog.

“Perkembangannya saudara H ini sudah diberhentikan oleh manajemen PT STA. Untuk anak mengacu kepada Undang-Undang Perlindungan Anak maupun sistem peradilan pidana anak, yaitu Undang-Undang 11 tahun 2012 yang kepada anak di bawah umur ini harus dapat dilakukan diversi,” tutup Sambodo.

Sebelumnya, video viral di media sosial memperlihatkan seorang bocah laki-laki 12 tahun mengemudikan truk tronton di jalan tol.

Video tersebut beredar setelah diunggah di akun Instagram @cetull.22 beberapa waktu lalu.

Dalam video terlihat bocah itu mengemudikan truk tronton berwarna hijau seorang diri sambil mengisap rokok.

Adapun video itu direkam oleh pengendara lain dari arah yang sama. Saat ditanya, bocah itu mengaku akan mengemudikan truk trontonnya ke Tasikmalaya. (tak)

Pos terkait