Lima Cincin Olimpiade Beserta Artinya

  • Whatsapp
asahi.com/monitorindonesia.com/olimpiade
Lambang Olimpiade [Foto-asahi.com]

Monitorindonesia.com – Olimpiade merupakan gelaran olahraga yang terdiri dari banyak cabang olahraga terbesar di dunia.

Even olahraga inipun memiliki logo tersendiri dengan lima cincin yang saling terhubung dengan warna berbeda.

Bacaan Lainnya

Terdapat lima warna berbeda yakni Biru, Hitam, Merah, Kuning dan Hijau (dibelakang semua warna ada background warna putih). Logo inipun digunakan baik dalam olimpiade musim panas dan musim dingin.

Lalu apa sebenarnya makna dari lambang tersebut ? Berikut sajiannya.

Adalah Pierre de Coubertin (1863-1937), yang pertama kali memprakarsai Olimpiade modern di Athena pada tahun 1894 dan juga merancang bendernya yang terkenal dengan lambang cincin tersebut pada tahun 1913.

Dia mengatakan tentang motifnya bahwa : “Bentuknya harus dipahami secara simbolis. Mereka mewakili lima benua yang bersatu dalam gerakan Olimpiade. Keenam warnanya sesuai dengan warna semua bendera nasional di dunia saat ini.”

Logo itu baru resmi mulai dikibarkan untuk pertama kalinya saat Olimpiade Belgia 1920. Sampai sekarang logo khas itu terus digunakan.

  •  Lima Benua

Kelima cincin melambangkan lima benua yakni Amerika, Asia, Afrika, Australia dan Eropa.

Buku pegangan resmi Olimpiade 1951 menyatakan bahwa setiap warna mewakili benua: biru untuk Eropa, kuning untuk Asia, hitam untuk Afrika, hijau untuk Australia dan merah untuk Amerika. Tetapi tidak pasti apakah Coubertin benar-benar bermaksud seperti itu.

  • Suatu Kesatuan

Even ini merupakan olahraga tingkat internasional yang berarti semua negara di dunia ini dapat mengikuti ajang tersebut.

Setiap negara dapat mengirimkan atletnya untuk bertemu dan bersaing satu sama lain. Maka dari itu kelima cincin ini dibuat berdekatan yang berarti semuanya dapat dipersatukan melalui olahraga.

#Tokyo 2020

Pos terkait