Buntut Cium Hermoso, Luis Rubiales Diskors 3 Tahun dari Sepak Bola

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 30 Oktober 2023 23:34 WIB
Luis Rubiales [Foto: AP]
Luis Rubiales [Foto: AP]

Jakarta, MI - FIFA melarang mantan presiden federasi sepak bola Spanyol Luis Rubiales beraktivitas di sepak bola selama tiga tahun. Ini adalah hukuman yang dijatuhkan setelah dia mencium bibir pemain bintang Jenni Hermoso saat perayaan kemenangan Spanyol di Piala Dunia Wanita.

Dalam sebuah pernyataan, FIFA mengatakan Rubiales (46), melanggar pasal 13 kode disiplin badan sepak bola tersebut, yang mencegah pemain dan ofisial melakukan tindakan yang melanggar prinsip “permainan adil, loyalitas, dan integritas.”

Hal ini termasuk melanggar aturan dasar perilaku yang layak, menghina seseorang melalui gerakan atau bahasa yang menyinggung, dan berperilaku sedemikian rupa sehingga membuat FIFA atau olahraga tersebut menjadi jelek.

“FIFA menegaskan kembali komitmen mutlaknya untuk menghormati dan melindungi integritas semua orang dan memastikan bahwa aturan dasar perilaku yang layak ditegakkan,” kata para pejabat dalam pernyataannya, seperti dikutip dari NBCNews, Senin (30/10).

Rubiales membagikan medali emas kepada tim setelah kemenangan 1-0 atas Inggris di Sydney pada bulan Agustus ketika dia memeluk dan mencium Hermoso. Dia menggambarkan ciuman itu sebagai “spontan, saling menguntungkan, euforia, dan suka sama suka.” Namun, Hermoso mengatakan dia tidak menyetujuinya dan merasa “rentan dan menjadi korban agresi.”

Para menteri di pemerintahan dan media mengkritik Rubiales atas tindakan tersebut, dan beberapa pihak mengatakan tindakan tersebut tidak dapat diterima dan merupakan pelanggaran privasi.

FIFA awalnya melarang Rubiales dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional selama 90 hari, kata para pejabat dalam sebuah pernyataan. 

Dia dan perwakilan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol juga diperintahkan untuk tidak menghubungi Hermoso dan siapa pun yang dekat dengannya, kata pernyataan itu.

Rubiales mengundurkan diri sebagai presiden federasi sepak bola Spanyol pada 10 September karena dampak skandal tersebut terhadap orang lain dalam hidupnya.

“Ayah saya, putri saya, saya berbicara dengan mereka,” kata Rubiales dalam wawancara eksklusif dengan Piers Morgan. 

“Mereka mengatakan Luis sekarang Anda harus fokus pada martabat Anda dan melanjutkan hidup Anda karena jika tidak Anda akan merusak orang yang Anda cintai dan olahraga yang Anda cintai,” ujarnya.

Investigasi terhadap Rubiales sedang berlangsung atas tuduhan penyerangan seksual dan pemaksaan yang diprakarsai oleh jaksa penuntut negara Spanyol, yang secara resmi mengajukan pengaduan terhadapnya pada 8 September. Jika terbukti bersalah, Rubiales dapat menghadapi denda atau hukuman penjara satu hingga empat tahun. 

Seorang hakim mengeluarkan perintah penahanan yang melarang dia berada dalam jarak 200 meter dari Hermoso yang berusia 33 tahun.

Hermoso sekarang bermain sebagai penyerang untuk klub Meksiko Pachuca.