Jose Mourinho Resmi Dipecat AS Roma

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Januari 2024 16:32 WIB
foto jose mourinho mantan pelatih as roma. (Foto: ig  officialasroma)
foto jose mourinho mantan pelatih as roma. (Foto: ig officialasroma)

Jakarta, MI - Berakhir sudah petualangan Jose Mourinho di AS Roma. Kontrak The Special One diakhiri lebih cepat oleh Il Lupi. Kabar itu disampaikan AS Roma dalam laman resminya, Mourinho dan seluruh stafnya angkat koper dari Stadion Olimpico, Selasa (16/1). 

"AS Roma mengumumkan bahwa José Mourinho dan kolaborator teknisnya akan segera meninggalkan Klub. Pembaruan lebih lanjut mengenai panduan teknis Tim Utama yang baru akan dikomunikasikan segera," begitu isi pernyataan resmi AS Roma.

Mourinho, yang bergabung dengan Roma pada tahun 2021, telah membawa klub ini memenangkan trofi pertama dalam 14 tahun dengan meraih gelar Liga Konferensi Eropa pada 2022. 

Namun, ia gagal mencapai empat besar Serie A dalam dua musim terakhirnya dan kalah di final Liga Eropa musim lalu melawan Sevilla. Kekalahan tersebut, bersama dengan performa tim di liga domestik, telah menimbulkan kritik dari para penggemar.

Pemecatan Mourinho tak lama setelah dirinya mendapat kartu merah dalam laga kontra Atalanta di Liga Italia. The Special One total sudah lima kali diusir wasit selama membesut Serigala Roma.

"Kami berterima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan komitmen yang telah ditunjukkannya sejak kedatangannya di Giallorossi," kata pemilik AS Roma, Dan dan Ryan Friedkin.

"Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang kepemimpinannya, namun kami percaya bahwa, demi kepentingan terbaik Klub, perubahan segera diperlukan. Kami mendoakan yang terbaik bagi Jose dan kolaboratornya di masa depan," ujarnya soal Jose Mourinho. {AM}